Tuesday, September 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Saudi Tuntaskan Bangunan Menara Jam ‘Royal Clock Tower’

Saudi Tuntaskan Bangunan Menara Jam ‘Royal Clock Tower’

Arab Saudi menuntaskan instalasi proyek menara jam emas terbesar di dunia di kota suci Mekah. Menara dan alasnya telah ditingkatkan oleh pengeras suara besar yang akan memancarkan adzan untuk jarak tujuh km. Hampir 21.000 lampunya akan menerangi daerah sekitarnya untuk jarak 30 km.

Jam raksasa menyerupai Bigben di Inggris bernama Abraj Bait Tower alias Makkah Royal Clock Tower mulai berfungsi Agustus tahun lalu. Jam raksasa itu memiliki ketinggian 94,8 meter dan lebar 45 meter. Makkah Royal Clock Tower diharapkan dijadikan patokan waktu bagi 1,5 miliar umat Islam di dunia.

“Menara emas terbesar di dunia telah dipasang di atas menara jam Makkah,” tulis harian berbahasa Arab, Okaz, seperti dikutip International Islamic News Agency (IINA), Sabtu (9/7).

“Selama acara-acara seperti Idul Fitri dan tahun baru Hijriyah, 16 cahaya akan menerangi area diameter sekitar 10 km sedangkan 21.000 lampu putih dan hijau untuk jarak 30 km,” kata surat kabar itu.

Dikatakan, berkas cahaya dimaksudkan untuk memungkinkan orang tuli atau Muslim di wilayah yang jauh untuk mengetahui waktu sholat di kota barat kota Mekah dan sekitarnya.

Saat meresmikan menara jam itu pada pertengahan 2010, para pejabat Saudi mengatakan, mereka berharap akan membangun Mekah sebagai alternatif waktu standar untuk median Greenwich.

Ketinggian menara sekitar 601 meter menjadikannya sebagai bangunan tertinggi kedua di dunia setelah pencakar langit di Dubai, Burj Khalifa, yang tingginya 828 meter. (Mel/IINA/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *