Friday, July 20, 2018
Beranda > Dunia Islam > Selama Ramadhan, Tarif Hotel di Mekah Akan Naik 200%

Selama Ramadhan, Tarif Hotel di Mekah Akan Naik 200%

Tarif hotel di Mekah, Arab Saudi, diperkirakan naik hingga lebih dari 200 persen selama Agustus 2011 atau bulan Ramadhan 1432 H. Jutaan peziarah dari berbagai negara diperkirakan datang ke Mekah selama bulan suci Ramadhan.

Menurut survei Arabian Business yang dipublikasikan Rabu (15/6), pengelola hotel di Mekah mengatakan akan menaikkan tarif lebih dari dua bahkan tiga kali lipat karena meningkatnya permintaan sewa kamar.

Sebuah twin room di Raffles Makkah Palace akan menetapkan harga sewa sekitar SR1, 100 (US$ 293) per malam tanggal 14 Juli, tapi akan melonjak menjadi SR 3,500 sebulan kemudian atau naik sekitar 218%.

Sebuah double room di Movenpick Makkah mematok tarif SR602 pada tanggal 14 Juli. Sebulan kemudian, harga itu menjadi SR2070 atau naik 243%.

Dari lima hotel yang disurvei Arabian Business, kenaikan harga terendah terjadi di Makkah Clock Royal Tower Fairmont. Sebuah double-bed room akan menelan biaya SR940 pada tanggal 14 Juli dan SR2, 200 sebulan kemudian –masih meningkat 134 persen.

Fairmont Hotels dan Resorts mengatakan siap membangun sekitar 12 hotel lagi di Arab Saudi dalam tiga-empat tahun mendatang. Mereka pun membutuhkan tenaga kerja tambahan hingga 10.000 orang.

Hilton, Marriott International, dan Hyatt International bulan lalu menandatangani kesepakatan untuk mengoperasikan 12 hotel di Makkah, sebagai bagian dari megaproyek US$ 5.5 milyar di kota suci umat Islam itu.

Jumlah jamaah haji dan umroh diperkirakan tumbuh menjadi hampir 14  juta orang pada akhir dekade.

Menurut para ahli perjalanan, harga kamar di kota suci meningkat sekitar 30 persen tahun lalu dan kemungkinan akan semahal tahun ini.

“Selama Ramadhan tahun lalu harga naik sekitar 29 persen. Tahun ini tampaknya akan sama,” kata Lizann Peppard, juru bicara Hotels.com, anak perusahaan Expedia.com. “Ini masalah penawaran dan permintaan. Jika permintaan melebihi persediaan, di mana pun harga akan naik. ”

Beberapa hotel kini sudah penuh. Double room di Intercontinental Makkah sudah penuh pada tanggal 14 Agustus. (Mel/Arabian Business/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *