Thursday, October 18, 2018
Beranda > Hong Kong > Seminar GEZ DDHK Bahas Cara Cerdas Kelola Keuangan

Seminar GEZ DDHK Bahas Cara Cerdas Kelola Keuangan

shonhajiDDHK News, Hong Kong — Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) Seminar Gelombang Ekonomi Zakat (GEZ) di Lantai Dasar Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, Ahad (7/7).

Acara yang bertema “Cakap Kelola Keuangan Diri, Solusi Pemberdayaan” diisi pemateri Ahmad Ghozali, seorang praktisi keuangan. Dikemukakannya tentang perencanan keuangan sesuai dengan QS Yusuf:47

“Dia ( Yusuf ) berkata “ Agar kamu bercocok tanam tujuh tahun berturut turut sebgaimana biasa , kemudian apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan ditangkainya kecuali sedikit untuk kamu makan”.

Dijelaskannya, makna dari ayat di atas adalah cara mengelola keuangan dengan cara kanan, yaitu dengan menyimpan pendapatan setelah dikurangi dengan kewajiban sebelum membelanjakan (Invest Right after you get your income) atau saving dulu baru shopping.

“Bila pengelolaannya dengan cara kiri atau Invest what left from your income, bedanya hanya pada penempatan penghitungan. Bila dengan cara kanan menabung dulu baru belanja, kalau cara kiri belanja dulu baru simpan atau menabung,“ jelasnya.

Tujuan seminar GEZ memberikan motivasi dan pembelajaran kepada BMI Hong Kong tentang pentingnya pengelolaan keuangan diri dan keluarga, mewujudkan distribusi kekayaan yang merata, serta mewujudkan dan mendorong peran BMI dalam memperbaiki kehidupan keluarga untuk dhuafa.

Di akhir acara ada motivasi ruhiyah Ust. Ahmad Shonhaji dan pembagian hadiah lima voucher umroh dari DD Travel dengan memberikan pertanyaan kepada peserta serta pengumuman peserta yang berhak mengikuti belajar Iqro di LPTQ DDHK. (Hana/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *