Thursday, August 16, 2018
Beranda > Dunia Islam > Serangan ke Masjid Redbridge Inggris Sisakan Trauma

Serangan ke Masjid Redbridge Inggris Sisakan Trauma

DDHK News — Serangan  di Redbridge Islamic Centre London, Inggris,  pekan lalu menyisakan trauma di kalangan jamaah masjid. Pengurus dan anggota pusat Islam tersebut mengaku syok dan merasa ketakutan.

Abdul Wahab, misalnya, masih teringat ketika penyerang masjid berteriak “Muslim brengsek; Paki brengsek.” Saat itu, di dalam masjid hanya ada enam orang pria tua, empat di antaranya sedang bersujud sholat.

Masih menjadi tanda tanya, siapa saja yang bertanggung jawab melampiaskan kemarahan di masjid itu? Mengapa mesti ada intimidasi fisik, pengrusakan, bahkan penyerangan seperti sebuah tim SWAT pernah menerobos jendela masjid?

Abdul mengemukakan, lemparan batu penyerang memecahkan kaca jendela. Imam masjid terluka oleh pecahan kaca yang beterbangan hingga harus ke rumah sakit. Teror berakhir ketika para penyerang tersebut menghilang.

“Mereka beruntung,” kata Abdul seraya menerawang ke arah langit. “Tuhan, tunjukkanlah jalan baginya.”

Kerusakan fisik masjid tidak banyak. Abdul mengangkat panggangan logam untuk menunjukkan pecahan kaca. Kini, jendela kaca tersebut telah diganti. Namun, ada kerusakan yang tidak dapat diganti oleh asuransi –rasa syok dan ketakutan.

“Kami telah ada di sini selama sembilan tahun,” katanya kepada The Guardian (6/4). “Tidak pernah sebelumnya ada peristiwa semacam ini.”

Ia mengatakan, pihak masjid telah melakukan banyak hal untuk membina hubungan baik dengan masyarakat. Para anggota masjid telah mengunjungi gereja-gereja lokal dan membuka pintu masjid bagi siapa pun yang ingin berkunjung dan mengenal Islam.

Ketika serangan terjadi, pintu masjid dalam keadan terbuka. “Biasanya memang terbuka,” kata Abdul Wahab.  “Pintu tersebut terbuka ketika kami diserang. Itulah mengapa mereka dapat masuk dengan begitu mudah.”

Kndisi masjid kembali normal sekarang, patroli polisi tambahan telah berkurang, namun akan ada kamera-kamera keamanan. Setiap orang akan jadi lebih diawasi sepenuhnya.  (Mel/The Guardian/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *