Sunday, November 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Seruan Demo Revolusi Bergema di Maroko

Seruan Demo Revolusi Bergema di Maroko

Sekelompok pemuda Maroko menyerukan demonstrasi pro-pembaruan pada akhir bulan ini. Ajakan melalui Facebook (3/2) itu merupakan contoh terbaru dari upaya menggalang demonstrasi  anti-pemerintah yang digerakkan oleh internet di dunia Arab.

“Kami mengundang semua warga Maroko untuk berunjuk rasa pada 20 Februari 2011 untuk mengangkat martabat rakyat dan bagi pembaruan yang demokratis,” kata kelompok yang mengklaim memiliki 3.400 pengikut itu.

Tuntutan mereka antara lain reformasi konstitusi Maroko serta pembubaran pemerintah dan parlemen.

Juru bicara pemerintah dan Menteri Komunikasi Khalid Naciri pada konferensi pers mengatakan, Maroko sejak lama menjalani proses demokrasi dan keterbukaan yang tak dapat mundur lagi, sehingga tidak ada alasan munculnya tuntutan perubahan.

Internet telah memainkan peran besar dalam gerakan antipemerintah yang tumbuh menjadi revolusi besar di Tunisia dan Mesir.

Di Maroko, belum terjadi protes dengan  kekerasan, tapi negara itu memperhatikan dengan seksama peristiwa di negara tetangganya, bahkan keluarga kerajaan memprediksi protes serupa di Yaman mungkin tak akan terhindarkan.

Sesudah kekacauan di Aljazair dan Tunisia, pemerintah Maroko mengumumkan bahwa mereka akan mempertahankan subsidi kebutuhan pokok seperti terigu, gula, minyak goreng, dan gas bagi rakyat.

Sedikitnya, empat kasus pengorbanan diri telah dilaporkan terjadi di Maroko dalam sepuluh hari terakhir, yang tampaknya diilhami oleh kasus yang sama di Tunisia yang menimbulkan “Revolusi Jasmine” di negara itu. (Reuters/IRIB).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *