Sunday, September 24, 2017
Beranda > Hong Kong > Shelter Iqro DDHK ‘Pesantren Kilat’ BMI Hong Kong

Shelter Iqro DDHK ‘Pesantren Kilat’ BMI Hong Kong

shelter iqro ddhk

shelter iqro ddhkDDHK News, Hong Kong — Shelter Iqro merupakan salah satu wujud kepedulian Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) untuk membantu Buruh Migran Indonesia (BMI) yang memiliki masalah.

Selain itu, DDHK juga memberikan bantuan dan pendampingan terhadap shelter-shelter lain yang ada di Hong Kong dan Macau yang dibentuk oleh LSM ataupun organisasi-organisasi BMI yang ada di Hong Kong dan Macau.

Menurut Pengurus Divisi Shelter Iqro DDHK, Siti Rohani (62114595), dinamakan Shelter Iqro karena selain operasionalnya dibiayai dari sebagian dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) yang dititipkan para muzaki, munfiq, dan donatur kepada DDHK, juga subsidi hasil penjualan Majalah Iqro yang diterbitkan DDHK tiap bulan.

“Kini ada sekitar 25 orang BMI yang tinggal di Shelter Iqro, termasuk mereka yang masih baru tiba dan belum mengenal dengan baik lingkungan di Hong Kong,” kata Rohani.

Shelter Iqro beralamat di 2/F Lei Wen Court No. 29 Haven Street, Causway Bay, Hong Kong, tidak jauh dari Indonesian Building tempat KJRI Hong Kong berkantor.

Rohani mengatakan, Shelter Iqro tidak saja sebagai tempat bernaung BMI bermasalah, tapi juga  bisa dijadikan semacam “Pesantren Kilat”, tempat belajar menimba berbagai ilmu, khususnya ilmu agama.

Kegiatan rutinnya yaitu sharing seputar permasalahan yang dihadapi BMI, juga kajian berbagi ilmu, shalat Shubuh berjamaah, dan kuliah Subuh.

Kegiatan life skill juga ada yang dibimbing oleh Ibu Melani Abdul Ghofur, seperti belajar komputer, bahasa Inggris, dan mengaji Al-Quran.

Acara taushiyah (ceramah singkat) biasa dilakukan setelah shalat Shubuh. Malam hari juga biasanya ada ustadz yang diundang untuk mengisi taushiyah , memimpin Yasinan, dan memberikan motivasi kepada para penghuni shelter.

Shelter Iqro bertekad memertahankan “budaya ketimuran” yang religius di kalangan BMI HK.

“Tantangan sebagai pengurus Shelter Iqro yaitu sabar, tidak boleh individualis, karena banyak teman penghuni shelter yang membutuhkan saran, nasihat, serta bimbingan,” ujar Rohani.

Dikemukakan Rohani, saat ini Shelter Iqro DDHK membutuhkan volunteer (relawan) yang ikhlas dan siap membantu pelaksanaan program-program Shelter Iqro. (Tati Tia Surati/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *