Sunday, September 23, 2018
Beranda > Mutiara Hikmah > Sholat Sunat Menutupi Kekurangan Sholat Wajib

Sholat Sunat Menutupi Kekurangan Sholat Wajib

wanita-shalat-ilustrasiSHOLAT sunat akan menutupi kekurangan sholat wajib. Sholat sunat terpopuler, selain tahajud dan duha, adalah sholat sunat rawatib yang dilakukan setelah dan/atau sebelum shalat wajib.

  1. Sholat sunat qobliyah Subuh (sholat sunat fajar), dilakukan sebelum Subuh 2 rokaat
  2. Sholat sunat qobliyah (sebelum) Zhuhu  2 rokaat
  3. Sholat sunat ba’diyah (setelah) Zuhur 2 rokaat
  4. Sholat sunat ba’diyah (sebelum) Maghrib 2 rokaat
  5. Sholat sunat ba’diyah (setelah) Isya 2 rokaat

Sholat sunat bisa menutupi kekurangan sholat wajib ditegaskan dalam hadits berikut ini:

“Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab di hari kiamat adalah ibadah Sholat. Rabb kita berkata kepada para malaikat-Nya sementara Dia Maha Mengetahui: “Lihatlah sholat hamba-Ku, apakah sempurna atau kurang?” Jika shalat wajibnya sempurna, maka dicatat baginya telah sempurna, dan¬† bila kurang dari shalat wajibnya itu, Allah berfirman: “Lihatlah, apakah hamba-Ku ini memiliki amal ibadah sholat sunah?”

Apabila ia memiliki amal ibadah sholat sunat, Allah berfirman: “Sempurnakanlah untuk hamba-Ku shalatnya yang kurang dengan amal ibadah shalat sunahnya itu.” Kemudian diambillah amal-amal shalat sunah itu untuk menyempurnakan amal ibadah shalat wajib yang kurang. (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah). Wallahu a’lam. (ed/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *