Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Konsultasi Islam > Suami Ceraikan Istri lewat SMS, Dianggap Sah?

Suami Ceraikan Istri lewat SMS, Dianggap Sah?

cerai smsAssalamu alaikum…DD…saya mau Tanya…bagaimana hukumnya suami yang menceraikan istrinya lewat SMS? Apa itu dianggap sah? Mohon penjelasannya agar hati saya tenang…terima kasih saya tunggu jawabannya…wassalamu alaikum…. (BMI Hong Kong).

JAWAB: Wa’alaikum salam wr wb. Mayoritas ulama menyatakan, perceraian via SMS sah, dengan dua catatan. Pertama, bahwa pengirim SMS adalah benar suaminya yang berniat sungguh-sungguh menceraikan istrinya. Kedua, sang suami mempunyai alasan kuat untuk menceraikan istrinya.

Namun, menurut kami, itu baru sah secara hukum Islam, karena yang terbaik perceraian harus melalui pengadilan agama. Siapa tahu, setelah bertemu di pengadilan, perceraian tidak jadi dan itu sangat baik.

Mayoritas ulama merekomendasikan untuk menghindari cerai via SMS.

Syaikh Ahmad al-Haddad, Mufti Agung Emirat di Dubai, pernah mengeluarkan fatwa yang membolehkan shighah talak (certai) lewat SMS. Syaikh Ahmad mengatakan:

“Fatwa ini dikeluarkan dan mazhab Maliki meyakini bahwa ucapan talak hanya sah dengan dituliskan. Sementara ulama Syafi’i memiliki penjelasan tersendiri. Pengucapan shigah talak adalah wajib dan tanpa mengucapkannya, talak tidak terjadi”.

Ia menambahkan: “Dalam fiqih Syafi’i talak dengan tulisan bisa sah dengan dua syarat. Pertama, ketika menuliskan shigah talak, harus disertai dengan niat menceraikan istri. Kedua, ketika menuliskan shigah talak, hendaknya suami mengucapkannya dengan suara jelas dan diketahui sebagai ucapan talak”.

Oleh karena itu, Syaikh Ahmad al-Haddad mengambil kesimpulan:

”Sesuai dengan hukum yang disebutkan dalam fiqih Syafi’i, talak lewat SMS juga menjadi sah hukumnya. Tentunya, dengan memenuhi dua syarat di atas. Suami yang hendak menuliskan shigah talak lewat HP-nya meniatkan untuk menceraikan istrinya dan ia mengucapkan lafadnya dengan suara keras. Dengan cara ini, talak menjadi sah dan tidak punya masalah”.

Prof. Muhammad bin Yahya bin Hasan an-Najmi (anggota ahli di Komite Fikih Islam Internasional Jeddah) dalam sebuah bukunya   mengemukakan, para ulama berbeda pendapat soal hukum cerai yang dijatuhkan lewat tulisan (SMS). Ada dua kubu utama.

Menurut kelompok yang pertama, cerai yang ditempuh dengan cara seperti ini dinyatakan tidak sah. Pendapat ini merupakan opsi Mazhab Zhahiri dan sebagian kecil ulama. Ibnu Hazm mengatakan, talak yang dijatuhkan suami secara tertulis tak berimplikasi hukum apa pun. Ini karena bentuk pengungkapan cerai dalam Alquran harus dengan cara lisan, bukan tulisan.

Komite Fikih Internasional yang berpusat di Jeddah dan Asosiasi Ulama Senior Arab Saudi. Menurut mereka, bentuk penyampaian talak seperti ini rawan penyalahgunaan dan memiliki tingkat keakurasian yang lemah. Ini karena siapa pun bisa “membajak” media-media tersebut dan mengatasnamakan sang suami.

Kelompok kedua berpandangan, talak jenis ini (SMS) dianggap sah. Hukumnya sama seperti cerai dengan lisan.

Menurut Mazhab Hanafi, bila redaksi dan obyeknya jelas, maka talak tersebut jatuh. Bila obyeknya tidak jelas, seperti kalimat “istriku saya ceraikan”, maka tidak sah.

Mazhab Maliki, Syafi’i, dan Hanbali berpandangan, selama tidak disertai niat, sekalipun redaksi dan objeknya jelas, maka talak tersebut dianggap cacat.

Mantan Rektor Universitas Al-Azhar Mesir, Prof. Ahmad Umar Hasyim, pernah memberi saran: “Sebaiknya, jangan sekali-kali menempuh perceraian lewat SMS. Kecuali, jika memang terhalang akibat cacat fisik. Daripada SMS, lebih baik utus delegasi”  (Republika). Wallahu a’lam bish-shawab.*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

34 thoughts on “Suami Ceraikan Istri lewat SMS, Dianggap Sah?

  1. Ass…pak ustadz apa kah sah jika seorang suami mengata kan talk ke pada istri nya me lalui zmz tpi tdk di krna kan niat hati sang suami.tpi di krna kan emosi.dan suami ni pertma kali mengata kan cerai atau pun talk.tetpi sang suami langsung menjatuh kan talak 3 melalui zmz.apa kah ni sah pak ustadz..

  2. Assalamualaikum pak ustad, saya adalah isteri kedua, saya menikah setelah suami mentalaq isteri pertama, dan setelah 5 bln sehabis suami mentalaq isteri pertama , suami menikahi saya, setelah itu saya dibawa suami ke tempat beliau dinas dgn mertua, namun setelah 3 menikah, saya pulang ke rumah orangtua atas izin suami, di saat saya pulang, suami mengadakan pertemuan dgn anak2nya beserta dgn isteri yg ditalaqnya, kemudian sebulan kemudian mereka ulang menikah lagi, dan sewaktu saya bertanya suami gimana dgn hubungan kita , suami menjawab , dia ingin kembali dgn isteri dan anak2nya dan saya akan dicerai , kemudian saya dan suami pisah apakah jatuh talaq suami kepada saya ? Namun suami ttp mengim saya bafkah setelah bulan kedua …., dan gimana dgn pernikahan kembali suami dgn isteri pertama , karena suami pernah berkata pd keluarganya dan saya bahwa demi Allah saya tdk akan pernah kembali pada isteri pertama saya ???, namun hal itu dilanggarnya ..gimana dgn pernikahan mereka dimata agama islam dan perikahan saya apakah saya syah ditalq suami ???? , krn sekarang suami meminta saya utk bersabar krn dia akan bercerai kembali dgn isterinya , krn semasa merka kembali mereka mensyaratkan sesuatu, yg mana hal tersebut tdk terpenuhi olh isteri pertama, Mohon jwbanya pak ustad wassalam

  3. assalaamu’alaikum,pak..maaf mau tanya.ini masalah yang serius dan butuh jawaban yang lebih jelas lagi. terjadi pertengkaran hebat antara suami dan istri hingga istri minta pulang ke rumah ortunya..saat itu suami dalam kondisi yang sedang dirasuki setan dan suami membuat sms yang bunyinya, “jika kamu (istri) pergi dari rumah ini talak tiga bagimu”. tapi si istri tidak merasa ada sms seperti itu dan dak pernah membaca sms dari suaminya yang isinya seperti itu. dan dia pulang ke rumah ortunya tanpa sama sekali tahu ada sms seperti itu..kemudian setelah istri pergi..suami bercerita ke ibu nya mengenai masalah talak itu tanpa memperlihatkan isi sms talak itu ke ibu.dan saya juga ragu apakah sms itu terkirim atau tidak.
    Mohon jawabannya pak
    terima kasih

  4. Assalamualaikum, saya mau tanya pa uztad, Jika suami menceraikan kita secara lisan dan kemudian memproses ke pengadilan, apakah istri bisa mengajukan tuntutan (permintaan hukum), seperti nafkah untuk anak dll.. Terima kasih

  5. Assalamualaikum..jika suami menjatuhkan talak 3 sekaligus dalam keadaan emosi melalui sms kepada istri yang sedang haid/tidak suci..bagaimana hukumnya? Mohon penjelasannya

  6. Saya mau nanya ustad. Jika ada orang bercerita msalah prcraian tmanya apa jatuh? Contoh. Si A bercerita. Dulu si D itu pernh nikah ama orang daerah grsek trus brcrai ama istrinya.
    Apa jatuh ustad seperti ini?

  7. Malam ustd,sy mau tanya. 4 bulan yg lalu sy menjatuhkan talak 3 ke istri sy melalui sms dalam keadaan sy emosi ustd. Terus sy ingin rujuk kmbli ama istri sy ustd,krn mengakui khilaf dan rasa bersalah sy ke istri. Mohon penjelasaan ustd,langkah apa yg harus kami lakukan. Pd dasarnya sy dan istri sy saling mencitAi.

  8. Asalamualaikum ustad. Mohon prtanyaan saya dijawb semua dan diberi penerangan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih ustad. Dan saya mau nanya lagi soal talk tulisan. Seperti kita tahu terkandang seaeorang mencari berita,artikel,dll di intrnet pasti secara tidak sadr mengetik kata2 sharih, trus bagaimana hukumnya apakah jatuh? Krena ada sbagian ulama atau ahli fiqih kalau tulisan dihukumi seperti ucapan? Mohon penerangan.

    1. wa’alaikum salam… kami kira tulisan di atas sudah cukup jelas menjelaskan soal cerai via SMS ini…. silakan simak kembali dengan cermat…..

  9. Maaf ustad kalau smsnya kata2nya shorih tapi tidak niat untk talak. Tp untuk niat2 lainya apkah jatuh talak? Soalnya yang saya baca diatas harus disertai niat talak bru jatuh? Makanya saya menyimpulkan talak lewat sms itu termasuk kinaya butuh niat talak. Mohon pencerahan
    .

  10. Asalamualaikum ustad. Sya mau nanya. Yang saya baca diatas talak lewat sms baru sah kalau ada niat untuk mntalk. Berarti talak lewat sms itu termasuk kinaya ya ustad?

    1. Bisa jadi, bisa tidak, tergantung isi SMSnya. talak kinaya disampaikan dengan kata-kata yang belum jelas maknanya, seperti “aku tidak bisa hidup denganmu lagi”. untuk menetapkan apakah itu sudah sah talak atau belum, harus dikembalikan kepada niat dan tujuan suami, apabila dia memang berniat untuk menceraikan, maka mereka sudah sah bercerai, namun apabila suami tidak berniat untuk menceraikan, maka mereka belum bercerai. wallahu a’lam

  11. Mau tanya pak.ustd. jika ada suami yg diberi thu istriya klau smsnya sma dgn menalak tp suaminya tidak percya krn sang istri biasanya asal menyamakan saja. Apa hukumnya sah wlupn suami msh tdk sdr atau tidak mengerti.

  12. assalamu’alaikum wr wb.
    saya mau tanya,jika suami mengucapkan kata pisah/cerai berkali kali atau lebih dari 5x (dg niat) dalam waktu beberapa bulan,maka apa itu masih termasuk talak 1/2 atau malah sudah talak 3??
    Dalam hal itu setelah bilang cerai,baikan,bilang cerai,baikan lg,begitu smpai beberapa kali.Mohon penjelasnnya dan terima kasih.
    wassalamu’alaikum wr.wb

    1. wa’alaikum salam wr wb. Semoga penjelasan di bawah ini bermanfaat…
      talak 1 dan talak 2 adalah talak (cerai) yang memungkinkan si suami untuk kembali rujuk (termasuk mengajak berhubungan intim) dengan istrinya selama masa iddah. Dari penjelasan di atas, maka talak 1 dan talak 2 masuk dalam kategori talak raj’i. Sementara jika seorang suami menyatakan talak 3 kepada istrinya, maka dia tidak boleh rujuk kecuali syarat yang telah disebut di talak bain di atas.

      Lalu, apakah talak itu bersifat akumulatif? Maksudnya, jika si suami menyatakan talak 1 kemudian masa iddah si istri habis, maka otomatis langsung talak 2? Terus terang, saya tidak belum pernah menemukan dalil yg mendukung hal ini. Berdasarkan apa yg saya pelajari dan ketahui, talak 2 terjadi apabila suami telah rujuk dengan istri usai talak 1.

      Jadi, misalkan suami A dan istri B menikah. Lalu A mentalak B. Ini disebut talak 1. Setelah 4 bulan, mereka rujuk. Lalu karena satu dan lain hal, A kembali mentalak B. Nah, ini disebut talak 2. Meski telah talak 2, A masih boleh rujuk dengan B. Namun jika A kembali mentalak B, yg otomatis menjadikan talak 3 telah jatuh, maka A tidak boleh rujuk lagi dengan B, kecuali B menikah dahulu dengan X, berhubungan intim, lalu si X mentalaknya (minimal talak 1), serta sudah habis masa iddahnya.

      Pernyataan talak yang langsung talak 3 masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Namun, jika merujuk pada ayat “Talak (yang dapat dirujuki) dua kali.” (Al Baqarah(2):229), banyak ulama yg berpendapat bahwa talak 3 hanya bisa dilakukan setelah 2 kali talak dan 2 kali rujuk.

      ”Kemudian jika si suami menlalaknya (sesudah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak halal lagi baginya hingga dia kawin dengan suami yang lain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikannya, maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan istri) untuk kawin kembali jika keduanya berpendapat akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah. Itulah hukum-hukum Allah, diterangkan-Nya kepada kaum yang (mau) mengetahui.” (Al Baqarah(2):230). Wallahu a’lam

      1. assalamu’alaikum wr.wb.
        DD terima kasih atas penjelasannya kemarin.tp ada hal yg masih mengganjal dihati saya.Dapatkah saya berkonsultasi langsung ustadz/ustadzah yg ada di DDHK utk lbh jelasnya??
        kepada siapa saya dapat berkonsultasi??
        terima kasih sebelum’a.
        wassalamu’alaikum wr.wb

        1. wa’alaikum salam wr wb. silakan , insya Allah asatidz DDHK siap melayani konsultasi, silakan datang atau tlp ke kantor kami. Office: Man Man Mansion, Jardine Bazaar No. 45 Lt. 14, Causeway Bay, Hong Kong.
          Tlp. +852 31194707, +852 63439047.

        2. As.mualaikum wr wb , sya mau bertanya pk ustad apakah sah bila istri slalu mengatakan cerai kpd suaminya lewat telpon, karna istri curiga suami berselingkuh, dan kenyataan nya benar selingkuh, dan suami mengiyakan nya , tetapi kembali dgn sya lagi, apakah kita masuh sah 1 rumah, atau kita harusijab kabul lagi, toling penjelasan ny . as.mualaikum wr . wb

  13. asw apakah talak sah jk istri sms suami:qta cerai abi..kmdn suami mbls dg mforward sms dr istri: qta cerai abi…(mengaminin) ni dr kamu.pdhal istri mlakukn dg maksud mncri phatian suami.wss

  14. Ass wr wb…
    Saya ingin menanyakan perihal talak…
    1. Bagaimana hukumnya jika seseorang tidak mengetahui hukum talak tapi dia mengatakan, contoh kita pisah?… Dan dia tidak tahu bahwa bahwa pisah itu adalah kata talak yang jelas?… Dan apakah dalam mentalak harus ada niat dari suami soalnya terkadang terdapat salah pengertian padahal suami tidak bermaksud namun istri berkata lain?…
    2. Bagaimana hukum talak jika seseorang suami mensyaratkan sesuatu kepada istrinya contoh istri marah mengenai nafkah lahir kemudian suami menjawab saya sudah 1 bulan tidak memberimu nafkah secara lahir dan saya sudah membaca sighat taqlik maka kamu sudah tahu jika kamu mau kamu tahu harus bagaimananya, dinyatakan seperti itu kepada istrinya sedang suami dalam keadaan marah* atau kamu mau pisah y kita pisah aj gman kepada istrinya* namun istrinya tidak melakukannya dan menanggapinya.. Bagaimana hukumnya? Apakah jatuh talak?…
    3. Bagaimana hukumnya jika seorang suami berdoa kepada allah contoh ya allah ketika hamba sedang marah terhadap istri saya maka terkadang saya berbicara yang tidak terkontrol maka berbicara itu merupakan suatu perkara yang hamba tidak bermaksud untuk mentalak istri hamba dan perceraian kami adalah ketika salah satu dari kami ada yang meninggal atau dengan kata lain tidak ada cerai diantara kita… Apakah hukumnya?…
    Catatan:
    * saya ragu2 apakah saya mengingat marahnya dalam keadaan terkontrol atau tidak dan juga ragu2 mengenai niat saya karena lupa
    Keterangan:
    Ketika saya bertanya ini saya sudah banyak membaca mengenai talak (dulu tidak tahu) dan saya ragu2 mengenai apa yang harus saya lakukan terhadap istri saya?…
    Dan pernyataan itu saya sampaikan melalui sms
    Saya tidak mau terjebak dalam perangkap iblis…
    Saya mohon untuk ustad yang berilmu untuk menjawabnya… Terimak kasih

  15. saya mau tanya ustadz ” apakah sah talak nya jika suami mengatakan ..”apa maumu cerai..saya ceraikan kamu besok pagi…tp pagi nya dia tidak jd mengatakan cerai…dan saya pernah mempelajari hukum islam cerai yg diucapkan suami sah jika ada saksi yg mendengar ini saksi nya tdk ada…apakah kah sah cerai nya…..

    1. kalau tidak mengatakan cerai, berarti tidak ada cerai (tidak sah). Para ulama sepakat bahwa keberadaan saksi tidak disyariatkannya dalam perceraian, sebagaimana dijelaskan Imam Asy-Syaukani dalam kitab Nail Al-Authar, 6:267. wallahu a’lam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *