Tuesday, October 16, 2018
Beranda > Ragam > Survei: Mayoritas Muslim Dunia Inginkan Penerapan Syariat Islam

Survei: Mayoritas Muslim Dunia Inginkan Penerapan Syariat Islam

idadha mesirMayoritas muslim di dunia menginginkan penerapan syariat Islam di negara mereka. Namun, mereka berbeda pendapat dalam hal cara penerapan syariat Islam itu.

Hal itu terungkap dalam survei Pew Research Center, Amerika Serikat, selama 2008 hingga 2012. Survei bertajuk “Dunia Muslim: Agama, Politik, dan Masyarakat” itu dilakukan terhadap 38 ribu orang di 39 negara dari keseluruhan 2,2 miliar umat Islam sedunia.

Negara-negara di Asia, Afrika, dan Timur Tengah paling banyak yang ingin menerapkan syariat Islam. “Tapi saya juga mencatat penerapan hukum syariat itu berbeda-beda di tiap negara,” kata Jim Bell, direktur penelitian survei internasional Pew.

Sebanyak 12 persen rakyat Turki mendukung penerapan syariat Islam sebagai hukum negara. Di Tunisia ada 56 persen warga mendukung, Nigeria (71), Indonesia (72), Mesir (74), dan Afganistan (99).

Menurut Profesor asal Universitas Princeton yang menjadi penasihat Pew, Amaney Jamal, tidak ada kesepakatan dalam penerapan syariat Islam itu di berbagai negara. “Syariat itu sendiri memiliki perbedaan arti, definisi, dan pemahaman di berbagai negara, sesuai pengalaman dan kondisi aktual negara itu,” katanya.

Dari survei itu juga terlihat mayoritas umat Islam lebih cenderung mendukung kebebasan beragama. Di Pakistan, 84 persen rakyat ingin syariat Islam menjadi hukum negara, tapi 75 persen lainnya menyatakan umat non-Muslim pun berhak menjalankan praktik agamanya. (mel/alarabiya.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *