Saturday, September 23, 2017
Beranda > Dunia Islam > Survei: Muslim Eropa Alami Diskriminasi

Survei: Muslim Eropa Alami Diskriminasi

Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan, mayoritas Muslim yang tinggal di negara-negara Uni Eropa (UE) mengalami perlakuan diskriminasi oleh kaum non-Muslim.

Survei telepon yang dilakukan oleh Eurobarometer menanyai sekitar 4.000 orang dewasa Muslim yang tinggal di negara-negara Uni Eropa tentang apakah mereka pernah didiskriminasi oleh non-Muslim.

Dari total responden, 79 persen mengatakan mereka mengalami diskriminasi setidaknya satu kali sedangkan 12 persen mengatakan mereka tidak pernah menjadi korban diskriminasi.

Sebanyak 9 persen responden mengatakan mereka tidak tahu apakah ada kejadian seperti itu terjadi pada mereka.

Survei yang disponsori oleh Komisi Eropa dilaksanakan bulan Oktober dan hasilnya dirilis 26 November.

Survei tersebut merupakan studi berkelanjutan terbaru tentang prasangka yang dialami oleh umat Muslim yang tinggal di Eropa.

Peningkatan Islamophobia di Eropa dan Amerika Serikat meningkat sejak serangan teroris 11 September 2001 terhadap World Trade Center.

Banyak partai politik dan pemerintah di Eropa mengadopsi sikap menentang komunitas Muslim.

Tahun lalu, Swiss memberlakukan larangan pembangunan menara masjid yang disahkan oleh mayoritas publik jelas melalui referendum.

Prancis mengesahkan undang-undang yang melarang wanita Muslim mengenakan burqa (cadar) yang mulai berlaku efektif tahun 2011.

Tahun 2005, sebuah studi oleh European Monitoring Center on Racism and Xenophobia menemukan,  kaum Muslim sering menjadi korban dari stereotip negatif yang diperkuat melalui pemberitaan negatif di media.

“Kaum Muslim rentan mendapat serangan verbal dan fisik,” demikian kesimpulan survei seperti dikutip Ahlul Bayt News Agency (2/12). (Mel/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *