Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Mutiara Hikmah > Teladan Infak Abdurrahman bin Auf

Teladan Infak Abdurrahman bin Auf

Teladan Infak Abdurrahman bin Auf

Teladan Infak Abdurrahman bin AufSUATU hari, Rasulullah Saw berpidato di hadapan kaum Muslimin guna membangkitkan semangat jihad dan berinfak. Rasul bersabda, “Berinfaklah wahai kaum Muslimin, saya hendak mengirim pasukan ke medan perang!”

Di antara jamaah waktu itu terdapat Abdurrahman bin ‘Auf r.a. Mendengar ucapan Rasul tersebut Abdurrahan segera pulang dan segera pula kembali ke tengah-tengah kaum Muslimin. Ia berkata, “Ya Rasulullah! Saya mempunyai uang empat ratus ribu. Dua ratus ribu aku pinjamkan untuk Allah dan yang dua ratus ribu lagi aku tinggalkan untuk keluargaku”.

Lalu Rasul mendoakannya, “Semoga Allah memberi pahala dari apa yang engkau berikan dan memberkati dari apa yang yang tersisa untuk keluargamu”.

Ketika menghadapi Perang Tabuk, yaitu perang yang terkenal sangat berat dan memerlukan dana yang besar, Abdurrahman menginfakkan hartanya sebesar dua ratus auqiyah emas. Melihat jumlah yang begitu besar, Umar bin Kustab curiga, jangan-jangan Abdurrahman tidak meninggalkan apa-apa untuk keluarganya. Umar membisikkan hal itu kepada Rasulullah.

Rasulullah bertanya kepada Abdurrahman, “Adakah yang engkau tinggalkan untuk belanja istrimu?” Abdurrahman menjawab, “Ada, ya Rasulullah, bahkan mereka saya tinggali lebih banyak daripada yang saya infakkan”.

“Berapa dan apa itu, ya Abdurrahman?”

“Aku tinggalkan untuk keluargaku sebanyak rezeki, kebaikan, dan pahala yang dijanjikan Allah!”.

ABDURRAHMAN bin Auf adalah salah satu “bintang” kaum Muhajir karena jiwa wirausahanya. Ketika hijrah ke Madinah, ‘Abdurrahman bin ‘Auf dipersaudarakan dengan Sa’ad bin Rabi’ Al-Anshari r.a, salah seorang yang kaya lagi pemurah di Madinah. ‘Abdurrahman pernah ditawari Sa’ad untuk memilih salah satu dari dua kebunnya yang luas. Tapi, ‘Abdurrahman menolaknya. Ia hanya minta kepada Sa’ad ditunjuki lokasi pasar di Madinah.

Sejak itu, ‘Abdurahman bin ‘Auf berprofesi sebagai pedagang dan memperoleh keuntungan yang cukup besar. Abdurrahman bin ‘Auf terkenal sangat jenius dalam urusan bisnis. Salah satu rahasis sukses usahanya adalah ia gemar berinfak. (Biografi Ulama Ahli Sunnah, Abdurrahman Ra’fat Basya).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *