Friday, October 19, 2018
Beranda > Mutiara Hikmah > Tersenyumlah! Karena Senyum Memberimu Kekuatan

Tersenyumlah! Karena Senyum Memberimu Kekuatan

Senyum itu sedekah. Senyum itu ibadah. Selain berpahala, senyum juga menyehatkan. Konon, senyum itu sama dengan olahraga ringan 20 menit!

Islam memberikan perhatian khusus soal senyum. “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah,” demikian sabda Nabi Saw (HR Tirmizi dan Abu Dzar). “Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah,” sabdanya dalam hadits lain (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi).

Karena itu, Rasulullah Saw mengingatkan juga: “Jangan meremehkan sedikit pun dari amal kebaikan, meski hanya sekadar bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri (senyum)” (HR. Muslim).

Menurut ilmu kesehatan, olahraga terbaik dan paling efektif untuk wajah adalah dengan tersenyum. Selain bisa mengurangi lemak pada wajah, tersenyum juga bisa mencegah munculnya kerutan pada wajah.

Dengan menggerakan satu kali senyum, maka ribuan urat saraf yang terdapat dalam seluruh tubuh mengalami pergerakan. Senyum membuat otot di wajah lebih kencang.

Pasti kita akan terlihat lebih manis dan cantik kalau senyum daripada cemberut, betul tidak…?

Konon, senyum juga bisa mengobati hati yang terluka atau tersakiti. Senyum membuat kita lebih ikhlas. Senyum memberi kesabaran, menguatkan jiwa!

Menurut Wikipedia, dalam fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang.

Menurut Dr. Aidh al-Qarni dalam La Tahzan, kata senyum adalah kata yang indah dan menarik hati, menyenangkan, dan menggembirakan. Maka, tersenyumlah….!

“Senyumlah sedekah yang paling mudah . Senyum di waktu susah, tanda ketabahan. Senyuman itu tanda keimanan. Hati yang gundah terasa senang. Bila melihat senyum, hati ‘kan tenang . Tapi senyumlah seikhlas hati, senyuman dari hati jatuh ke hati,” kata Raihan dalam nasyidnya, Senyum. Wallahu a’lam. (Mel/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *