Sunday, November 19, 2017
Beranda > Ragam > The Power of Bersin: “Hat-ci!!!” Alhamdulillah…

The Power of Bersin: “Hat-ci!!!” Alhamdulillah…

Bersin itu nikmat, jadi harus disyukuri. Islam mengajarkan, jika kita bersin, hendaknya bersyukur dengan mengucapkan hamdalah (alhamdulillah).

Rasulullah Saw mengajarkan, jika ada yang bersin dan mengucapkan hamdalah, kita yang mendengarnya harus menimpalinya dengan mengucapkan “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu), lalu orang yang bersin tadi diharuskan kembali menimpali dengan mengucapkan “yahdikumullah” (semoga Allah memberimu hidayah).

Selain itu, Rasulullah Saw mengajarkan agar saat bersin kita menutup mulut atau muka dengan tekapak tangan.

“Apabila salah satu di antara kalian bersin, maka letakkanlah kedua telapak tangannya di atas mukanya, dan rendahkanlah suaranya.” (HR Hakim dari Abu Hurairah).

Menurut kamus online Wikipedia, bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Suara bersin dalam bahasa Indonesia adalah “hat-ci”. Dalam bahasa lain: “achew!”, “atisshoo”, dan “achoo” (Inggris), “atsa” (Arab), “atseh” (Persia), atchís” dan “atchús” (Spanyol), “atchim” (Portugis), “hatsjoe” dan “hatsjie” (Belanda), “atchoum” (Prancis), “hatschi” (Jerman), “hakushon” atau “kushami”(Jepang), “hut-chi” (Kanton/Hong Kong), dll. Yang unik suara bersin dalam bahasa Tamil: “Thummal!” dan  Somalia: “Hindis!”. Kok, bisa ya…?

Orang Barat pun memandang bersin sebagai anugerah. Di Inggris, jika ada yang bersin, orang mengatakan “God bless you!” atau “Bless you!”. Di Italia, bersin diikuti jawaban “”Salute!”. Portugis: “Saúde” (Sehat). Spanyol: “Salud” (“Semoga Anda sehat”). Jerman: Gesundheit (yang artinya “Sehat [bagimu]”). So…. Jika “hat-ci!”, bersyukurlah…. Wasalam. Wallahu a’lam. (ASM. Romli/dhongkong.org)*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *