Friday, October 20, 2017
Beranda > Ragam > Tiga Jenis Kasus BMI: Pidana, Perdata, Administrasi

Tiga Jenis Kasus BMI: Pidana, Perdata, Administrasi

bmi-HongKong

Jenis kasus bmi HongKongOleh Nur Salim

Secara garis besar pemisahan kasus yang dialami buruh migran itu ada tiga, yaitu pidana, perdata dan administrasi.

Sebagai contoh, kasus yang masuk kategori pidana, jika perbuatan yang dilanggar oleh pelaku masuk dalam golongan yang dilarang undang undang, contohnya membunuh, mencuri, menipu, dan memalsukan dokumen.

Kasus yang masuk kategori perdata : Jika perbuatan yang dilakukan dan merugikan itu dilakukan karena mengingkari perjanjian kerja yg sudah ditandatangani bersama antara BMI dan pihak lain user.

Kasus yang masuk dalam kategori administrasi: Jika perbuatan agency melanggar ketentuan yang diatur dalam peraturan setempat, misalnya tidak menyediakan asrama yang layak atau tidak memenuhi persyaratn negara setempat, yaitu Hong Kong

Ada beberapa alternatif proses penyelesaian kasus
1. Konsultasi
2. Negosiasi dan perdamaian
3. Mediasi
4. Konsultasi dan Perdamaian
5. Pendapat hukum oleh lembaga arbritase
6. Arbitrase dan
7. Litigasi

Untuk itu, hal yang sangat penting kawan-kawan BMI Hong Kong bisa mengenali perjanjian kerjanya sendiri dengan pihak user di Hong Kong.

Perjanjian kerja merupakan unsur terpenting dalam melakukan hubungan kerja. Dalam perjanjian kerja diatur unsur-unsur mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak.

BMI sebagai pekerja di luar negeri dan jauh dari akses fasilitas negara sangatlah penting memahami perjanjian kerja yang sudah disepakati oleh masing-masing pihak.

Perjanjian kerja pada dasarnya adalah undang-undang yang mengatur BMI dengan pemberi kerja atau user di luar negeri yang kadang disusun dengan cara yang kurang teliti.

Pada banyak kasus, ditemukan beberapa contoh perjanjian kerja BMI tidak diteliti terlebih dahulu dalam menandatangani perjanjian kerja, maka akan berimbas tidak didapatkanya haknya sebagai pekerja.

Untuk itu, sangatlah penting bagi BMI memahami apa yang dimaksud dengan perjanjian kerja, seberapa penting ia untuk menjadi posisi tawar antara pemberi kerja dan BMI sendiri.

Dengan begitu, ketika mengalami sesuatu yang tidak sesuai, maka BMI bisa menganalisis sendiri permasalahanya, serta bisa menggugat user atas kategori perdata.

Semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan kepada kita semua. Salam Buruh Migran. BRAVO!

Penulis, aktivis Migrant Institute Jakarta

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *