Saturday, August 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Tiga Tokoh Islam Jadi Pahlawan, MUI Gelar Syukuran

Tiga Tokoh Islam Jadi Pahlawan, MUI Gelar Syukuran

Tiga tokoh Islam Indonesia –Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka), KH Idham Chalid, dan Sjafruddin Prawiranegara– mendapatkan gelar pahlawan nasional. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyambut baik gelar pahlawan nasional yang diberikan untuk ketiganya degan menggelar syukuran.

Acara bertajuk “Tasyakur Pahlawan Nasional dan Tokoh Umat” itu digelar di Aula MUI, Jln. Proklamasi Nomor 51, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2011). Ketua MUI, Ma’ruf Amin, menyerahkan piagam tasyakur kepada perwakilan keluarga, yakni putra Buya Hamka, Rusjdi Hamka, Tabrani Ali dari perwakilan keluarga Idham, dan putri Syafruddin, Aisyah Prawiranegara. Ma’ruf didampingi Sekjen MUI, Ichwan Sjam.

“Ada atau tanpa adanya penghargaan dari negara, mereka sudah menjadi pahlawan bagi kita. Jadi penghargaan yang diberikan negara sudah tepat,” kata Ma’ruf seperti dikutip detiknews.com (23/11).

Ichwan juga menyampaikan hal serupa. Ia menilai, pilihan Dewan Kehormatan Pahlawan dan Tanda Jasa sudah tepat mewakili aspirasi masyarakat.

Acara ini dimeriahkan pembacaan puisi dan grup musik yang mendendangkan lagu-lagu religi.

Pemerintah menetapkan 7 nama pahlawan nasional baru pada Selasa 8 November 2011 silam, yaitu Mr. Sjafruddin Prawiranegara, KH Idham Chalid, Buya Hamka, Ki Sarmidi Mangunsarkoro, I Gusti Ketut Pudja, Sri Susuhunan Pakubuwono X, dan Ignatius Joseph Kasimo. (Mel/detikNews/pikiran rakyat/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *