Friday, July 20, 2018
Beranda > Featured > Tim Kemanusiaan Dompet Dhuafa Tangani Dampak Bencana di Filipina

Tim Kemanusiaan Dompet Dhuafa Tangani Dampak Bencana di Filipina

topan haiyan filipina

topan haiyan filipinaDDHK News, Filipina — Tim Bantuan Kemanusiaan Dompet Dhuafa (DD) menyalurkan bantuan bagi korban badai di Filipina sejak 12 November 2013. Tim DD mendistribusikan bantuan logistik darurat di tiga wilayah –Bogo City, Ormoc, dan Tacloban. Saat ini Tim DD menganalisis kebutuhan penting korban terdampak bencana (assessment).

Tindakan assessment penanganan dampak Topan Haiyan yang dilakukan tim meliputi  Kebutuhan Masa Tanggap Darurat, Kebutuhan Masa Pemulihan, Kebutuhan Rehabilitasi dan Rekonstruksi, serta Mitigasi dan Kesiapsiagaan.

Pada Kebutuhan Masa Tanggap Darurat, tim kemanusiaan Dompet Dhuafa merekomendasikan kegiatan penanganan dalam bentuk aksi, di antaranya Mobile Clinic untuk kuratif dan promosi kesehatan, School Kit, dan Shelter.

Untuk Mobile Clinic promosi kesehatan dan School Kit sasaran wilayah di antaranya Bogo City, Ormoc, dan Tacloban dengan target penerima manfaat 1000 jiwa, dan School Kit 1000 jiwa. Untuk Shelter sasaran wilayah dipusatkan di Tacloban dengan target penerima manfaat 200 Kepala Keluarga.

Sedangkan pada Kebutuhan Masa Pemulihan, bentuk aksi di antaranya Pelatihan Tukang, dengan sasaran wilayah dan target penerima manfaatnya, Bogo City 100 tukang, Ormoc 100 tukang, dan Tacloban 100 tukang. Selanjutnya Pelatihan Usaha Ekonomi Mandiri untuk Perempuan yang sasaran wilayahnya berpusat di Tacloban dengan penerima manfaat 100 jiwa.

Selanjutnya pada Kebutuhan Rehabilitasi dan Rekonstruksi, bentuk aksi yang direkomendasikan berupa Rehabilitasi Kampung Komunitas Muslim di Barangay Palo, Tacloban. Kegiatan yang dilakukan pembangunan Islamic Center di antaranya masjid, madrasah, dan klinik kesehatan.

Pada tahap Mitigasi dan Kesiapsiagaan,  bentuk aksi  yang dilakukan yakni Pelatihan dan Asistensi Disaster Management untuk Komunitas Pemuda Muslim. Sasaran wilayah program tersebut adalah Cebu, Bogo City, Ormoc, dan Tacloban. (dompetdhuafa.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *