Wednesday, August 15, 2018
Beranda > Hong Kong > Tim LPAM DDHK Jenguk BMI yang Ditahan di Penjara Lo Wu

Tim LPAM DDHK Jenguk BMI yang Ditahan di Penjara Lo Wu

penjara hongkong

penjara hongkongDDHK News, Hong Kong – Tim Lembaga Pelayanan Advokasi Migran (LPAM) Dompet Dhuafa Hong Kong (DDH) bersama General Manager DDHK Ust. H. Ahmad Fauzi Qosim mengunjungi seorang BMI yang sedang ditahan di penjara Lo Wu Correctional Institution (CI) Hong Kong, Jum’at (1/2).

BMI berinisial Nn itu divonis dua tahun penjara oleh Hong Kong District Court Wanchai pada  28 Januari lalu dalam kasus pencucian uang (money laundering).  Tim LPAM bergerak cepat. Sejak Selasa sudah mulai menelefon Goverment Hotline untuk mencari tahu di penjara mana Nn berada.

Rabu siang tim LPAM sudah mendapatkan nomor prisoner Nn dari petugas Correctional Departement melalui telefon. Setelah dipertimbangkan, tim LPAM dan GM DDHK sepakat untuk menjenguk Nn  hari Jumat. Dari Causeway Bay menuju Lo Wu CI perlu waktu sekitar 95menit.

Di ruang tunggu pengunjung, resepsionis menyambut rombongan dengan ramah. Di samping mereka petugas perempuan yang dipanggil “madam” sigap selalu.

Sayang sekali Mushaf Al-Qur’an yang telah disiapkan tim LPAM ditolak karena sampulnya keras (hard cover) dan terlalu tebal. Mukena pun tidak boleh diberikan kepada Nn. Madam menunjukkan ke sebelah kiri, d isitu terpampang contoh barang-barang yang boleh diberikan kepada prisoner.

Sekitar 15 menit kemudian, tim LPAM bersama GM DDHK, setelah melalui proses pemeriksaan full body, didampingi madam menuju lantai dasar untuk menemui Nn.

Beberapa detik kemudian, Nn muncul dengan seragamnya kaos lengan panjang berkerah warna kuning. Nn tersenyum manis sembari mengucapkan salam. Ia bercerita tentang keadaannya. Ia bilang baik-baik saja.

Dalam satu kamar yang ditempati Nn ada 16 orang, 5 di antaranya WNI.  Kebetulan Nn satu kamar dengan SM, BMI lainnya yang divonis hukuman penjara karena salah mengambil koper.

Setiap hari Nn beserta tahanan yang lain beraktivitas dari pagi sampai pukul 20.00.  Mereka diberi makan 3 kali dengan lauk ayam. Nn dan SM diberi tugas di dapur. Sebelum waktu berkunjung selesai, Ust. Fauzi sempat memimpin doa bersama.
Hukuman Nn sudah dikurangi, dari 2 tahun menjadi 1 tahun 4 bulan.

Karena Nn tidak boleh membawa mukena dan tidak boleh membawa jilbab, maka ia menggunakan salah satu kaos seragamnya untuk menutup aurat saat sholat. (Lina Aprilianti/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Tim LPAM DDHK Jenguk BMI yang Ditahan di Penjara Lo Wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *