Sunday, October 21, 2018
Beranda > Indonesia > TKI Saudi Overstay Tak Bisa Bekerja Lagi

TKI Saudi Overstay Tak Bisa Bekerja Lagi

Kepala BNP2TKI Moh. Jumhur Hidayat mengatakan, para TKI overstay Arab Saudi yang ikut dalam program pemulangan dipastikan tidak bisa kembali bekerja sebagai TKI. Hal itu terganjal oleh moratorium yang telah ditetapkan. Dalam moratorium disebutkan TKI tidak boleh kembali bekerja jika belum melewati masa lima tahun.

Sebenarnya, kata Jumhur, para TKI yang dipulangkan adalah mereka yang masa kerjanya telah habis sehingga menjadi TKI ilegal. Mereka tidak langsung kembali ke Indonesia, tapi mencari kerja lagi. Ketika ingin pulang ke Indonesia, mereka minta bantuan ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).

Sebanyak 355 TKI overstay yang dipulangkan dari saudi ke Indonesia dengan menumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia tiba di Jakarta, Senin (31/10). Mereka tiba sekitar pukul 11.00 di Terminal 2D khusus TKI. Para TKI ini terdiri dari satu orang laki-laki, tiga anak-anak, dua bayi, dan sisanya para perempuan (TKW).

Saat tiba di ruang tunggu Terminal 2D TKI mereka disambut langsung oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat. Tampak pula perwakilan dari Polres Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bea Cukai.

Menurut Agung, pemulangan para TKI ini merupakan hasil koordinasi berbagai pihak. “Sudah merupakan tugas Kemenkokesra untuk memulangkan TKI yang bermasalah, termasuk mereka yang overstayer,” ujarnya. (Republika).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *