Friday, December 15, 2017
Beranda > Indonesia > Tokoh Lintas Agama Kecam Rencana Aksi Pembakaran Al Quran

Tokoh Lintas Agama Kecam Rencana Aksi Pembakaran Al Quran

Para tokoh yang tergabung dalam Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang, Bandung, mengecam keras rencana pembakaran Al Quran oleh sekte Dove World Outreach Center sebagai peringatan serangan menara World Trade Center 11 September. Forum menilai peringatan tersebut didasarkan prasangka keliru yang menghubungkan Islam dengan terorisme.

Dalam pernyataan sikapnya yang terdiri dari 6 butir di Gereja Kristen Indonesia Jalan Maulana Yusuf, Bandung, hari ini, Senin (6/9), tercantum pula bahwa rencana aksi pembakaran Al Quran adalah pelanggaran terhadap kebebasan beragama dan hak asasi manusia. Karena itu, forum meminta Dove World Outreach Center menarik pernyataan dan menghentikan rencana aksi yang melecehkan keyakinan penganut agama Islam.

Selain itu, forum juga meminta pemerintah di seluruh dunia untuk segera menghentikan rencana aksi tersebut untuk meredam potensi ketegangan dan konflik antar umat beragama. Tokoh agama juga mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pro aktif untuk mengambil langkah diplomatik dalam rangka penghentian aksi pembakaran Al Quran.

Pernyataan sikap tersebut hari ini, Senin (6/9), ditandatangani oleh 17 perwakilan tokoh agama hingga mahasiswa.
Anggota forum Nurrohman mengatakan rencana aksi pembakaran Al Quran itu menjadi momen untuk konsolidasi lintas agama. Pertemuan tokoh lintas agama itu sekaligus juga untuk menjaga keamanan Kota Bandung. “Rencana pembakaran Al Quran bisa memicu ketegangan, dalam situasi buruk kalangan garis keras bisa menyerang orang Kristen di Bandung,” ujar dosen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, tersebut, Senin (6/9).

Adapun Pendeta Albertus Patty dari Gereja Kristen Indonesia mengatakan, memang sulit untuk meminta pemerintah Amerika Serikat melarang rencana aksi sekte Kristen di Florida tersebut. Namun paling tidak, kata aktivis dari PGI pusat tersebut, rencana pembakaran untuk memecah belah umat beragama di dunia itu telah gagal. “Seluruh gereja di seluruh dunia mengecam keras, tokoh lintas agama pun dimana-mana bersatu menolak aksi peringatan 11 September itu,” katanya.

Pernyataan sikap tersebut akan diserahkan ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. (Tempo Interaktif).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *