Wednesday, January 17, 2018
Beranda > Dunia Islam > Tunjukkan Citra Positif Islam, Muadzin Amerika Tur Masjid ke Masjid

Tunjukkan Citra Positif Islam, Muadzin Amerika Tur Masjid ke Masjid

Project Muaddhin Jameel Syed

Project Muaddhin Jameel SyedDDHK News, Amerika Serikat — Seorang muadzin melakukan tur masjid ke masjid di seluruh Amerika. Dalam proyek bernama “Muaddhin Project”,  Jameel Syed akan menjadi muadzin pertama yang melantunkan adzan di 50 masjid di semua negara bagian Amerika.

Menurut Syed, tur masjidnya bertujuan memerangi Islamofobia dan menunjukkan citra Islam yang sebenarnya.

“Islamofobia itu nyata, tidak ada pertanyaan soal itu,” katanya kepada NBC News dalam perjalanan dari Missisippi ke Florida.

Syed berharap, gaung aksinya itu membuat orang sadar tentang kehadiran Islam dan Muslim di Amerika yang sebenarnya sama sekali tidak menimbulkan masalah. Hanya salah pengertian akibat pemberitaan keliru media yang membuat warga Amerika salah memahami Islam dan Muslim.

Projek Muadhin diluncurkan Syed sejak 3 April 2015 di sebuah masjid di Plainfield, Indiana. Ia berhasil mengunjungi 11 negara bagian dari Midwest ke South dalam waktu kurang dari seminggu.

Menurut pria berusia 40 tahun, menjabat eksekutif marketing, dan lilusan University of Michigan ini, inisiatif tur masjid dilakukan guna menunjukkan keindahan dan keragaman komunitas Muslim di Amerika.

Dengan berinteraksi dengan kalangan Muslim dan non-Muslim di 50 negara bagian, perjalanannya diharapkan dapat menghapus miskonsepsi tentang Islam. Syed mengatakan, tujuannya adalah menciptakan saling pengertian yang lebih baik di antara umat bergama di AS.

“Islam arus utama sangat berbeda dengan segelintir Muslim yang melakukan kekerasan atas nama Islam,” tegas Syed. “Islam itu agam damai…” (mel/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *