Saturday, June 23, 2018
Beranda > Dunia Islam > Turki Restorasi Masjid Raya Sulaimaniah

Turki Restorasi Masjid Raya Sulaimaniah

Proyek restorasi Masjid Raya Sulaimaniah, salah satu masjid paling terkenal Istanbul, Turki, selesai pada waktunya untuk shalat Idul Adha. Perbaikan masjid yang dibangun arsitek kenamaan Sinan tahun 1551-1558 itu menelan biaya 21 juta Lira Turki (sekitar 15 juta dolar Amerika).

Masjid Raya Sulaimaniah termasuk situs warisan dunia UNESCO. Retak kecil di kubah masjid sudah diperbaiki dengan hati-hati, logamnya diganti, lapisan pelindung digunakan pada cat luar, semen dari restorasi sebelumnya akan dihapus, dan kaligrafi diperbaiki.

Teknik simulasi oleh Istanbul Technical University menunjukkan, masjid bisa menahan sebuah gempa bumi berkekuatan 8,0 SR.

The mosque, which has previously been restored in 1849 and 1960, will be open to public in time for Eid prayers next week.

Masjid, yang sebelumnya telah direnovasi pada 1849 dan 1960, akan terbuka untuk umum saat shalat Idul Adha minggu depan.

Masjid Sulaimaniyah didirikan pada 1551, di masa pemerintahan Sultan Sulaiman I. Masjid yang terletak di kota Istanbul ini merupakan masjid terbesar di Turki. Bagian interior maupun eksterior masjid sangat indah, didesain oleh arsitek Turki yang bernama Sinan (1489-1588). Masjid Sulaimaniyah mempunyai empat buah menara pada keempat sudutnya. Kubah Masjid berdiameter 26 m dengan ketinggian 51,8 m. (Mel/ddhongkong.org)

Sumber: Anatolia News Agency, Xinhua

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *