Saturday, August 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Turki Revonasi Dua Masjid Utsmani di Balkan

Turki Revonasi Dua Masjid Utsmani di Balkan

Masjid Mustafa Pasha

Pemerintah Turki merenovasi dua masjid di Balkan peninggalan era Khilafah Turki Utsmani. Keduanya — Masjid Mustafa Pasha di Makedonia dan Masjid Sinan Pasha di Kosovo– dibuka untuk digunakan sebagai tempat shalat. Suara adzan pun berkumandang untuk pertama kalinya sejak beberapa tahun di kedua masjid tersebut.

Setelah melalui proyek restorasi selama lima tahun, Masjid Mustafa Pasha dibuka kembali akhir pekan ini.

Wakil Perdana Menteri Turki, Bekir Bozda?, Ketua Departemen Kerjasama dan Pembangunan, Serdar Cam, dan Presiden Direktorat Urusan Agama, Mehmet Görmez, bersama sejumlah pejabat dan kaum Muslim Kosovo menghadiri peresmian masjid tersebut.

“Nenek moyang kita tinggal di sini dalam damai,” kata Bozda? dalam pidatonya.

Masjid Mustafa Pasha dibangun tahun 1492 atas perintah Sultan Selim Yavuz wazir Mustafa Pasha di Skopje. Masjid itu rusak parah setelah gempa bumi melanda ibukota tahun 1963.

Para pejabat Turki lalu menuju Prizren di Kosovo untuk membuka sebuah masjid lagi, Masjid Sinan Pasha.

Masjid Sinan Pasha

Dibangun tahun 1615 oleh Gubernur Khilafah Utsmani untuk Bosnia, Sinan Pasha, masjid memainkan peran penting dalam kehidupan sosial kota bersama dengan pasar terbuka dan alun-alun kota.

Rusak karena ditelan zaman, khususnya selama perang, masjid dengan hati-hati dipulihkan untuk melestarikan fitur arsitektur asli.

“Masjid Sinan Pasha di Prizren adalah simbol multikulturalisme,” kata Serdar Cam. Ia menekankan masjid bukan hanya tempat ibadah bagi umat Muslim, tetapi juga aset budaya yang harus dilindungi dengan baik.

Masjid Sinan Pasha terbuka untuk shalat tarawih pertama Ramadhan tahun ini. Seorang imam dari Turki akan ditunjuk untuk memimpin umat Islam di kedua masjid. (Mel/Todays Zaman/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *