Friday, December 15, 2017
Beranda > Dunia Islam > Ulama Yaman Anwar Al-Awlaki Meninggal Dunia

Ulama Yaman Anwar Al-Awlaki Meninggal Dunia

Ulama kelahiran Amerika Serikat yang diduga pemimpin Al-Qaida di Yaman, Anwar Al-Awlaki, meninggal dunia. Kementerian Pertahanan Yaman dalam pernyataannya hanya menyebutkan “dia tewas bersama beberapa rekannya”.

Tetapi sumber-sumber kesukuan dan beberapa pejabat keamanan Yaman mengatakan, ulama kelahiran Amerika itu tewas Jumat pagi dalam serangan udara yang ditujukan pada sebuah konvoi Al-Qaida di bagian timur Yaman.

Tidak ada rincian lebih lanjut atas kematiannya dan belum ada pengukuhan berita ini secara independen.

Anwar Al-Awlaki merupakan warga suku Yaman dan diburu oleh aparat keamanan Yaman sejak Desember 2007.

Amerika Serikat menyebut dia sebagai “teroris dengan spesialisasi global” karena perannya dalam sejumlah serangan dan Presiden Barack Obama dilaporkan langsung memerintahkan agar dia dibunuh.

Kantor berita AFP –yang mengutip sumber-sumber masyarakat suku Yaman– mengatakan, Al-Awlaki tewas dalam sebuah serangan udara di provinsi Marib, yang disebut sebagai wilayah yang banyak dihuni pendukung al-Qaeda.

Tidak jelas apakah dia tewas akibat serangan udara Angkatan Udara Yaman atau oleh pesawat tak berawak milik Amerika Serikat. (AFP/BBC/VOA News).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Ulama Yaman Anwar Al-Awlaki Meninggal Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *