Wednesday, August 15, 2018
Beranda > Dunia Islam > Wanita Muslim Terpilih Jadi Walikota Bradford

Wanita Muslim Terpilih Jadi Walikota Bradford

SeorangĀ  muslimah, Naveeda Ikram, terpilih sebagai walikota distrik Bradford, London, Inggris, Selasa (24/5). “Saya melihat ke depan untuk menjadi duta besar aktif dan positif bagi distrik indah ini,” kata Ikram Naveeda BBC.

“Saya ingin melihat partisipasi lebih banyak dan kepercayaan lebih baik dari semua komunitas dalam proses demokrasi.”

Terpilih sebagai wanita Muslim pertama untuk posisi walikota di Inggris, Ikram adalah anggota dewan Buruh untuk Little Horton sejak tahun 2004.

Ibu tiga anak yang sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota itu kelahiran Pakistan pertama di Inggris yang mengambil peran sipil terkemuka.

Ikram menghabiskan sebagian masa remajanya di Punjab, Pakistan, tetapi sebagian besar hidupnya tinggal di Bradford. Dia akan menjadi Walikota untuk setidaknya satu tahun, dengan suaminya, Saqib Salam Syah, sebagai pendampingnya dalam tugas kewalikotaan.

Selain menjadi wanita muslim Inggris pertama yang menjadi Wali Kota, dia juga wanita pertama asal Pakistan yang menjadi seorang anggota dewan di Bradford.

“Aku wanita muslim Inggris pertama yang menjadi Walikota. Hal ini menunjukkan adanya kemajuan yang telah dibuat di negeri ini,” katanya.

Ikram mengikuti sukses Muslim lain di pentas politik Inggris. Tahun 2007, anggota parlemen dari Partai Buruh. Shahid Malik, menjadi Muslim Inggris pertama yang menjadi menteri setelah ia diangkat sebagai Menteri Negara Departemen Pembangunan Internasional (DFID).

Anggota parlemen Muslim lainnya, Sadiq Khan, tahun 2007 diangkat sebagai asisten pemerintah yang bertanggung jawab untuk urusan parlemen.

Dalam pemilu parlemen 2010, delapan Muslim terpilih sebagai anggota parlemen di House of Commons.

Sayeeda Baroness Warsi, kelahiran Inggris asal Pakistan, adalah wanita Muslim pertama dalam Kabinet Inggris sebagai menteri tanpa portofolio.

November lalu, Lutfur Rahman, terpilih menjadi walikota Muslim pertama di wilayah London Timur Tower Hamlets.

Ikram mengatakan, “suatu kehormatan besar” untuk dipilih sebagai Walikota Bradford.

Pemilihan Ikram dipandang sebagai dorongan bagi peran perempuan dalam lanskap politik.

Inggris adalah rumah bagi minoritas Muslim yang cukup besar, hampir 2 juta. Mayoritas beretnis Pakistan dan India. (Mel/OnIslam/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *