Sunday, September 23, 2018
Beranda > Dunia Islam > Warga Sandhurst Inggris Tolak Masjid

Warga Sandhurst Inggris Tolak Masjid

DDHK News – Warga Sandhurst, Cambridge, Inggris menentang rencana pembangunan masjid di wilayah mereka. Rencananya, kaum Muslim akan merobohkan sebuah bangunan sekolah yang sudah kosong selama 15 tahun dan menggantinya dengan bangunan masjid baru dengan kubah megah senilai tiga juta poundsterling.

Warga Sandhurst, seperti dikabarkan situs The Guardian Inggris (4/4), menilai, kalau benar sekolah itu akan dirobohkan, maka arsitektur masjid akan kontras dengan arsitektur kota. Kepala Staf Militer Inggris mengaku tak suka dengan rencana menara setinggi 100 kaki karena menara ini “mengarah ke lapangan akademi militer Sandhurst”.

Pemerintah Inggris memberi sinyal akan membatalkan rencana pembangunan masjid tersebut, jika bangunan lama harus dirobohkan. “Tidak ada aturan di Alquran kalau mau bangun masjid harus membangun kubah dan menara,” kata Alan Kirkland dari organisasi Save Our School.

“Masjid tak harus menghadap ke kiblat. Sejauh Anda mau beribadah di dalamnya, seharusnya bisa tanpa memedulikan wajah bangunan masjidnya,” sambung dia.

Rencana pembangunan masjid Sandhurst ini dilakukan oleh Muslim Bengal. Menurut mereka, arsitektur bangunan tidak cocok dengan kebutuhan mereka. Bangunan masjid yang baru akan mengakomodasi ruang kelas, ruangan pertemuan terpisah antara perempuan dan pria, layanan pemakaman, serta pusat aktivitas bagi ribuan orang.

Masyarakat Bengal bisa menerima keberatan dari Militer untuk tidak membangun menara. Namun, mereka tidak menerima keberatan warga lain yang meminta bangunan asli tidak diratakan.

Abdul Wasay Chowdhury dari asosiasi Muslim Bengal mengatakan, “Kalau warga peduli terhadap bangunan tua ini, kenapa mereka tidak membelinya? Kami membelinya karena bangunan ini sudah kosong selama 15 tahun”.

Ia juga membandingkan menara masjid dengan gereja. “Menara gereja lokal menjulang tinggi, lebih tinggi dari menara masjid yang akan dibangun, mengapa mereka (militer) tidak komplain dengan hal itu?” (Mel/Guardian/RoL/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *