Sunday, February 25, 2018
Beranda > Dunia Islam > Zakat Danai Operasional Rumah Sakit Pakistan

Zakat Danai Operasional Rumah Sakit Pakistan

ramadan charity hospitalDana zakat mampu membiayai operasional sebuah rumah sakit di Pakistan. Dengan dana tersebut, pihak Indus Hospital memberikan perawatan medis secara cuma-cuma bagi ribuan pasien dhuafa.

Selama Ramadhan ini manajemen Indus Hospital mengajak jutaan umat Islam untuk membayar zakat. Mereka memasang spanduk, poster, dan billboard di banyak lokasi.

“Zakat adalah sumber utama pendapatan kami yang digunakan untuk pengobatan tanpa dipungut biaya bagi ribuan pasien miskin setiap tahun,” kata Dr Abdul Malik, seorang perwakilan dari Indus Hospital di timur Karachi, kepada OnIslam.net.

“Kami menerima bantuan dari dermawan secara rutin, tetapi sebagian besar pengeluaran kita dipenuhi melalui zakat,” katanya.  “Dengan izin Allah, rakyat Pakistan percaya pada layanan kami. Mereka menyalurkan zakatnya kepada kami untuk mendanai  operasional rumah sakit kami setiap tahun.”

Zakat merupakan rukun Islam ketiga yang sama wajibnya dengan rukun Islam yang lain –syahadat, shalat, puasa, dan haji. Menurut Syariah Islam, seorang Muslim yang mampu harus membayar zakat sebesar 2,5 persen dari harta simpanan dan penghasilannya yang sudah mencapai nishab. Dana itu untuk membantu orang miskin dan yang membutuhkan.

Salah satu spanduk Indus Hospital berbunyi “Your Zakat will spread unlimited smiles” (Zakat Anda akan menebar senyum tanpa batas).

Meskipun tidak ada angka resmi, perkiraan menunjukkan, dana zakat umat Islam di Pakistan yang terhimpun mencapai US$750 juta tiap tahun. Dana itu menjadi sumber pendapatan utama bagi badan amal Islam dan bahkan organisasi sekuler. (Mel/Onislam.net/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *