Beranda > Featured > 2 Toko Daging Halal di Pasar Bowrington Wan Chai

2 Toko Daging Halal di Pasar Bowrington Wan Chai

MAKANAN HALAL

WAN CHAI | HONG KONG – Hidup jauh dari kampung halaman harus kita siasati dengan proses adaptasi yang cepat. Terutama, soal memenuhi selera makan.

Nah, khusus untuk makan, bukan hanya selera yang harus kita penuhi sebagai orang Islam. Namun, juga harus pasti halal.

Buat Sahabat Muslim yang sedang berkunjung ke Hong Kong, atau tinggal di negerinya Andi Lau dan Jackie Chan ini, tidak perlu kuatir soal mencari makanan halal. Banyak produk berlabel Halal yang bisa kita nikmati. Baik itu label Halalnya dari lembaga sertifikasi negeri Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Eropa, Amerika Latin, maupun makanan yang berlabel Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tentu saja, banyak juga yang berlabel Halal dari lembaga The Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong yang berkantor di lantai 8 Masjid Ammar Wan Chai.

Produk-produk halal tersebut bisa kita temukan di toko-toko seperti 759 Store, PARKnSHOP, Wellcome, dan berbagai supermarket lainnya. Selain, di berbagai restoran dan rumah makan yang juga berlabel Halal.

Begitu juga untuk daging halal. Banyak toko-toko Muslim yang jualannya khusus daging ayam (chicken), kambing (mutton/lamb), dan sapi (beef) halal.

Nah, kali ini saya ingin berbagi informasi kepada Sahabat Muslim di Hong Kong tentang toko daging halal di pasar Bowrington, Wan Chai.

Buat Sahabat Indonesia di Hong Kong, nama Wan Chai tidak asing lagi. Selain lokasinya  yang berdekatan dengan Causeway Bay, daerah yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia, di Wan Chai juga sering digelar acara-acara besar oleh komunitas Tanah Air di Negeri Beton. Berbagai acara pengajian akbar dan konser musik digelar di beberapa Gedung di Wan Chai. Misalnya, di Queen Elizabeth Stadium, Southorn Stadium, dan The Hong Kong Convention and Exhibition Centre.

Di Wan Chai pula berlokasi kantor Imigrasi Hong Kong, tempat Sahabat Migran Indonesia memperpanjang visa kerja. Di daerah ini, juga terdapat satu masjid besar yang menjadi salah satu pusat kegiatan agama dan belajar Sahabat Muslim Indonesia, setiap hari. Utamanya, di hari Ahad. Yakni, Masjid Ammar Wan Chai.

Di Wan Chai, ada pasar bernama Bowrington Road Market, atau lebih dikenal di kalangan komuitas Indonesia sebagai “Pasar Bowrington”. Pasar yang berlokasi di Jalan Bowrington nomor 21 ini, memiliki dua Gedung besar yang terpisah sebuah jalan raya yang dapat dilewati dua mobil bersisian. Kedua gedung tersambung oleh jembatan kecil untuk penyeberangan orang di ketinggian lebih dari 4 meter di atas kepala pengguna jalan di bawahmnya. Nah, di salah satu gedung pasar inilah terdapat dua toko penjual daging bersertifikat Halal.

Lokasi toko daging halal ada di gedung sebelah kanan, jika kita datang dari arah Time Square. Sedangkan kalau kita datang dari arah Masjid Ammar Wan Chai (Ammar Mosque and Osman Ramju Sadick Islamic Centre), posisinya di gedung sebelah kiri.

Salah satu toko, di atas bon bukti pembelian disebutkan namanya Shahid Meat Shop. Sedangkan di papan nama tokonya, tertulis Tsat Kee Muslim Meat. Untuk menuju toko ini, Sahabat Muslim tinggal berjalan lurus menyusuri jalan antara tangga dan eskalator yang sudah tampak saat memasuki gedung pasar.

Setelah mentok, belok kanan. Tokonya di posisi paling pojok, toko nomor 12. Atau, setelah masuk gedung pasar Sahabat Muslim belok kanan sebelum mencapai tangga dan eskalator. Setelah itu, tinggal jalan lurus sampai mentok.

Jika ingin memesan daging sebelum datang ke toko, Sahabat Muslim juga bisa telepon dulu, lewat nomor +852 25742240, +852 66502043, +852 2106056, atau +85 297038505.

Kalau Shahid Meat Shop atau toko Tsat Kee Muslim Meat ada di kanan dari pintu masuk gedung, toko satunya ada di sebelah kiri. Sahabat Muslim tinggal menyusuri jalan ke kiri pertama setelah masuk gedung pasar, yang keberadaannya sebelum tangga.

Berjalan terus hingga mentok di Lorong pasar paling kiri, nanti Sahabat Muslim akan menemukan Insaaf Muslim Meat Shop. Di toko ini tersedia daging segar (fresh meat) dan frozen meat (daging beku). [Siti Ngatipah]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *