Beranda > Hong Kong > 4 Apotek di Causeway Bay dan Wan Chai Jual Masker Terkontaminasi Bakteri

4 Apotek di Causeway Bay dan Wan Chai Jual Masker Terkontaminasi Bakteri

HONG KONG – Bea Cukai pada hari Sabtu (14/3/2020) menangkap 4 orang yang bertanggung jawab atas 4 apotek di Causeway Bay dan Wan Chai, sehubungan dengan penjualan masker wajah yang terkontaminasi.

Mengingat lonjakan permintaan masker wajah di tengah wabah virus Corona (Covid-19), petugas membeli produk pelindung dari beberapa toko berbeda dan mengirim 24 merek berbeda ke laboratorium untuk dites. “Para petugas mengatakan tes mengungkapkan jumlah bakteri di 4 merek masker wajah telah melebihi tingkat yang diizinkan. Salah satu produk memiliki kontaminan lebih dari 10 kali batas yang dapat diterima, kata mereka,” demikian diberitakan lembaga penyiaran publik Radio Television Hong Kong (RTHK).

Kepala Biro Perlindungan Konsumen Bea Cukai, Li Man-kai, mengatakan orang yang ditangkap mungkin telah melanggar Ordonansi Keselamatan Barang Konsumen. Kotak-kotak berisi 50 masker dibanderol harga antara HK$200 hingga HK$499.

Petugas Bea Cukai mengatakan 2 produk disebutkan dibuat di Nepal dan Turki. Sedangkan asal dari 2 lainnya tidak disebutkan. Petugas meyakini, keduanya merek asal negara Asia Tenggara.

Li mengatakan masker wajah yang terkontaminasi dapat menyebabkan masalah pada kulit orang yang memakainya. Sementara orang tua, anak-anak, dan orang dengan kekebalan tubuh rendah mungkin memiliki saluran udara yang terinfeksi jika mereka menghirup bakteri.

“Kami menyarankan masyarakat untuk memeriksa apakah kotak-kotak masker wajah sudah rusak sebelum membelinya. Juga, jika masker wajah kotor atau berbau aneh, penggunaannya harus dihentikan,” ujar Li.

Dia juga menyarankan orang untuk membeli masker dari toko-toko terkenal.

[DDHKNews/sumber: RTHK]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *