Beranda > BMI Menulis > 4 Solusi Hadapi Ujian Hidup

4 Solusi Hadapi Ujian Hidup

Solusi Hadapi Ujian Hidup

HONG KONG – Dai Cordofa, Ustadz Zulfirman, mengisi kajian agama rutin untuk para voluntir Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) pada Selasa malam (12/8/2019). Dalam kajiannya, ia menyampaikan bahwa setiap orang tidak akan lepas dari ujian hidup.

Ustadz Zulfirman pun membacakan firman Allah Ta’ala dalam ayat kedua surat al-‘Ankabut, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ‘Kami telah beriman’, sedangkan mereka tidak diuji lagi?”

“Ujian itu terbagi tiga,” kata Ustadz Zulfirman.

Pertama, bagi orang yang taat maka ujian itu sebagai wasilah untuk menaikkan kualitas derajat keimanannya. Kedua, bagi yang kurang taat maka ujian itu untuk menghapuskan dosa-dosanya. Ketiga, untuk melihat sejauh mana kualitas kesabaran seorang hamba.

Untuk menghadapi segala ujian yang dihadirkan oleh Allah, Ustadz Zulfirman membacakan firman-firman Allah Ta’ala di surrat al-Baqarah, ayat 152-157. “(Berdasarkan ayat-ayat tersebut) al-Qur’an memberikan empat solusi agar kita diberikan jalan keluar dari ujian yang sedang dihadapi,” ujarnya.

Keempat solusi hadapi ujian hidup itu adalah selalu ingat Allah Ta’ala, jangan mengeluh, sabar, dan shalat.

Sabar sendiri, ungkap Ustadz Zulfirman, terbagi menjadi tiga. Yakni, sabar dalam ketaatan, sabar dalam hal meninggalkan larangan Allah, dan sabar dalam menghadapi ujian atau cobaan. [Siti Ngatifah]

Baca Juga:

Banyak Sedekah Solusi Selesaikan Masalah

Dompet Dhuafa: Gerakan Indonesia Berdaya Alternatif Solusi Kemiskinan

Pengobatan Islami, Solusi Layanan Kesehatan Modern

Tabligh Akbar Indonesia Siaga: Muslim Harus Siap Hadapi Ujian

Bencana, Ujian Iman dan Kepedulian

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *