Beranda > Hong Kong > 7 Perlengkapan Beraktivitas di Era New Normal

7 Perlengkapan Beraktivitas di Era New Normal

JAKARTA|INDONESIA – Era pandemi Covid-19 akan memasuki tatanan baru yang disebut new normal. Persiapannya memerlukan kesadaran, disiplin, dan kepedulian kita semua untuk mematuhi protokol kesehatan, baik di rumah, terlebih lagi saat harus beraktivitas di luar rumah untuk keperluan penting yang tidak terhindarkan.

“Prinsip kewaspadaan universal di setiap kondisi tetap harus dijalankan,” kata Yeni Purnamasari, dari Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa.

Berikut 7 perlengkapan beraktivitas di era new normal yang perlu disiapkan, menurut Yeni:

1. Masker kain dan masker cadangan

Masker kain sebaiknya dipakai selama 3-4 jam, sehingga bila aktivitas lebih lama, diperlukan masker cadangan sesuai lama waktu beraktivitas. “Jangan menyentuh area masker di depan saat dipakai. Saat melepas, pegang bagian tali untuk menghindari kontaminasi ke tangan kita,” ujar Yeni.

“Siapkan kantong tertutup untuk menyimpan masker bekas pakai, dan tutup rapat,” ujarnya.

2. Sabun dan atau hand sanitizer

Membiasakan cuci tangan saat beraktivitas bisa dengan sabun atau hand sanitizer. Bila ada air mengalir, lebih baik cuci tangan dengan sabun.

“Pastikan tidak menyentuh area wajah sebelum cuci tangan,” kata Yeni.

3. Tisu atau lap bersih pribadi

Setelah cuci tangan dengan air mengalir, pakai tisu atau lap bersih pribadi untukk mengeringkan tangan. “Tisu basah dapat digunakan pada kondisi tangan kotor dan tidak ada air, sesudahnya pakai hand sanitizer,” ujarnya.

4. Botol minum dan alat makan pribadi

Selain ramah lingkungan, perlengkapan makan dan minum pribadi penting dibawa agar terjaga kebersihan dan menghindari kontaminasi silang. Membawa bekal sendiri juga dianjurkan agar lebih terjaga hygienisnya.

“Bila tidak membawa bekal, pastikan makanan yang kita konsumsi terjaga kebersihannya,” ujar Yeni.

5. Alat sholat pribadi

Penting membawa perlengkapan ibadah sendiri, baik mukena atau sajadah. Sebelum berwudlu, cuci tangan dahulu dengan sabun agar tangan kita bersih saat berwudlu.

6. Topi face shield atau kacamata

Topi face shield yang menutup wajah sampai ke dagu bisa menjadi salah satu perlengkapan penting, terutama saat harus berada di keramaian. Jika tidak tersedia, gunakan kacamata agar melindungi selaput mata kita dari percikan droplet saat berinteraksi.

“Tetap jaga jarak aman 1-2 meter saat berinteraksi dengan siapa saja,” kata Yeni.

7. Helm pribadi, jaket, sarung tangan, dan kantong belanja

Beberapa perlengkapan di atas akan melengkapi keamanan saat harus beraktivitas. Disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas kita masing-masing.

Yeni mengingatkan agar kita tetap berfikir positif, pastikan berinteraksi dengan aman dan jaga daya tahan tubuh kita selama era pandemi ini. Juga, tidak panik, tetap waspada, dan mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga diri, keluarga, dan lingkungan dari penularan Covid-19.

“Cegah dan tangkal Corona dimulai dari diri sendiri. Saatnya kita bangkit dan peduli,” ujar Yeni. [DDHKNews]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *