Beranda > Hong Kong > 8 Langkah Sambut Ramadhan

8 Langkah Sambut Ramadhan

HONG KONG – Ustadz Jajang Aisyul Muzakki mengingatkan pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong untuk bersiap-siap menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Pesan pengingat disampaikan Dosen IAIN Cirebon itu saat bertausiyah di majelis Paguyuban Perantau Wijaya Kusuma Cilacap (P2WKC) di Victoria Park, Causeway Bay, dan Majelis Muslimat Mei Foo (M3), Ahad (31/3/2019).

Pada pengajian di dua majelis tersebut Ustadz Jajang sengaja membawakan tausiah tentang delapan langkah menyambut Ramadhan. Tema tersebut dipilih karena sebentar lagi umat Muslim sedunia akan menyambut kedatangan tamu yang sangat ditunggu-tunggu, yakni bulan suci Ramadhan.

Kedelapan langkah persiapan menuju Ramadhan yang diungkap Ustadz Jajang tersebut meliputi berdoa, bersyukur, dan bergembira. Langkah lain, merancang agenda akhirat, bertekad mengisi bulan Ramadhan dengan ketaatan, mengerti dan memahami larangan dan anjuran di bulan Ramadhan, bertekad meninggalkan hal-hal yang tidak baik, serta menyiapkan jasmani dan rohani.

Seperti diketahui, 1 Ramadhan 1440 Hijriyah diperkirakan akan bertepatan dengan tanggal 6 Mei 2019. Atau, sekitar 36 hari lagi.

Kehadiran Ustadz Jajang disambut gembira oleh ketua P2WKC dan M3. Samiatun, Ketua Majelis P2WKC, misalnya, mengatakan bahwa anggota organisasi yang didirikannya pada Agustus 2018 sangat membutuhkan siraman rohani dan tausiah ilmu islami.

“Kami rutin menggelar pengajian dan tausiah agama setiap bulan, namun tergantung ketersediaan ustadz di Negeri Beton,” kata Samiatun.

Senada, Ketua M3 Lela Fatimah juga mengatakan bahwa pengajian dan tausiah agama merupakan kegiatan rutin majelis yang dipimpinnya. “Majelis ini dibentuk dengan tujuan agar hari libur kita bisa isi dengan kegiatan bermanfaat, mengisinya dengan kegiatan-kegiatan menuntut ilmu dan ibadah,” ujar PMI asal Jember, Jawa Timur, itu. [Marlina]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *