Wednesday, December 19, 2018
Beranda > Info DD > Acara ‘Sehat Bugar dan Sukses’ DDHK Berlangsung Sukses

Acara ‘Sehat Bugar dan Sukses’ DDHK Berlangsung Sukses

Acara taushiah dan seminar bertema “Sehat Bugar dan Sukses” sekaligus nonton bareng film Tanah Air Beta yang digelar Dompet Dhuafa HongKong (DDHK) Minggu (7/8) berlangsung sukses dan meriah. Acara yang merupakan bagian serangkaian program panggung Panggung Ramadhan DDHK itu digelar di Leader Dance, Sea View Comercial Building, 1/f Sheung Wan, Hong Kong.

Acara dimulai pukul 10.00 pagi hingga 5.00 sore, dihadiri sekitar 50 Buruh Migran Indonesia (BMI)  atau TKI/TKW di HK. Pemateri, dr.Tira (pengasuh rubrik kesehatan Majalah Iqro DDHK) dari pukul 11.30 hingga 13.00 , menyampaikan materi tentang kesehatan yang terkait erat dengan berlangsungnya ibadah puasa.

Acara dilanjutkan dengan taushiyah oleh Ustadz Irfan Syiarqi Beik hingga sore, dengan topik bahasan bagaimana mencari amalan di bulan Ramadhan. Nonton bareng film Tanah Air Beta sebagai penutup acara hingga pukul 5 sore. Film ini menceritakan tentang persahabatan anak di Timor Leste, dalam situasi menjelang terpisahnya provinsi tersebut dari Indonesia. Film bertema rasa nasionalisme meski dibalut dalam keseharian non-Muslim (Kristen).

Ditemui dalam sela-sela pemutaran film, ketua panitia acara Mira dan Faizah (volunteer DDHK) menjelaskan inti tujuan acara tersebut.

“Tujuanya agar kita mendapatkan ilmu jasmani dan rohani,” katanya. “Kalau jasmani kita dapat dari penjelelasan dr. Tira yang sangat bermanfaat karena kita sedang menjalankan ibadah puasa, sehingga kita bisa lebih tahu bagaimana agar lebih sehat tentunya. Secara rohani, tadi ada juga taushiyah dari Ustadz Irfan,” ujar Wati.

“Kita berharap kawan-kawan BMI bisa tahu dan lebih sadar dengan kesehatan, sesuai dengan tema agar kita bisa lebih sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan,” ujar Faizah.

Selain itu, imbuhnya, pemutaran film yang bukan bertemakan latar belakang Islam, ingin menumbuhkan rasa nasionalisme berhubung ini bulan Agustus.

“Tentunya kita memberi gambaran bahwa DDHK sebagai organisasi berbasis Islam, namun pada segi bantuan (zakat) kita tidak pandang bulu, kita berikan kepada yang benar-benar berhak menerimanya. Ini menunjukan bahwa agama Islam itu memang Rahmatan Lil ‘Alamain,” ujar Faizah.

Jumlah peserta yang hadir hari ini tidak begitu banyak. Menurut Faizah, hal itu karena peserta terkendala oleh transportasi (MTR) arah Sheung Wan yang sedang dalam masa perbaikan dan ditutup.

“Kami sebagai panitia juga baru mendapatkan informasi di pertengahan minggu, jadi sulit untuk memberikan route bagaimana ke tempat lokasi acara, agar peserta sampai. Walaupun kita sebar kawan-kawan volunteer di setiap titik strategis, untuk memberikan informasi jalan, agaknya masih banyak kawan BMI yang sulit mencapai lokasi, dikarenakan terlalu banyak jurusan,” pungkas Faizah. (Anita Sri Rahayu/Hong Kong).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *