Beranda > Konsultasi Islam > Ada 70 Golongan, Mana Yang Benar?

Ada 70 Golongan, Mana Yang Benar?

P ustadz. Ada ayat yang menyebutkan ada  tujuh puluh sekian golongan islam di dunia hanya satu yang benar. Saya masih bingung soal itu. Mana yang benar. Atau diindonesia tidak ada satu pun golongan islam yang benar? Mohon penjelasan nya. Trima kasih. Wass. (kuro) 085624474XXX

JAWAB: Jumlah hadits tentang ”perpecahan umat” (Iftiraqul Ummah) cukup banyak. Ada yang dhaif (lemah), ada juga yang sahih. Yang sahih di antaranya:

”Yahudi berpecah menjadi 71 golongan,  1 masuk sorga dan 70 masuk neraka. Dan Nasrani berpecah menjadi 72 golongan,  70 masuk neraka dan 1 masuk sorga. Dan demi yang diri Muhammad ada ditangan-Nya, sesungguhnya umatku (kaum Muslim) sungguh-sungguh akan berpecah menjadi 73 golongan, 1 di sorga dan 72 di neraka. Kemudian sahabat bertanya: ‘Ya Rasulullah, siapa mereka itu (Wahidatun Fil Jannah). Dijawab oleh Nabi Saw, yaitu ‘Al-Jama’ah’ ” (HR. Ibnu Majah).

Jumhur (mayoritas) ulama sepakat, yang dimaksud 70 golongan dalam hadis tersebut makduanya ”banyak”, bukan dalam arti matematis-harfiyah 70, karena dalam bahasa Arab, angka 7 biasa digunakan untuk menyebutkan jumlah yang banyak.

Jadi, jangan difahami secara matematis, angka tersebut sekadar untuk menunjukkan banyaknya golongan. Semua golongan tersebut masuk neraka, kecuali satu, yakni “Ahlus sunnah wal Jamaah” –memegang teguh Sunah Rasulullah Saw dan tetap menjaga persatuan umat Islam (ukhuwah Islamiyah).

Makna banyaknya golongan sendiri harus dipahami sebagai keragaman pemahaman dan ”teknis” ibadah, pokoknya tetap sama: tauhid atau akidah Islam. Islam itu satu, lalu difahami dalam versi-versi, ada aliran, organisasi, sekte, madhab, dll. Golongan yang salah adalah yang merasa paling benar, melenceng dari Sunnah atau menjadi ahli bid’ah, dan memecah-celah persatuan umat/ukhuwah Islamiyah. Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *