Beranda > Hong Kong > Ada reuni kecil alumni Kairo di mushalla KJRI Hong Kong

Ada reuni kecil alumni Kairo di mushalla KJRI Hong Kong

CAUSEWAY BAY | HONG KONG – Ada hal spesial yang dirasakan Ustadz Talqis Nurdianto usai berkhutbah Jumat di Mushalla Al-Falah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong hari ini (6/12/2019). Dai Cordofa Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) ini menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Ketua Takmir (Pengurus) Mushalla Al-Falah, yakni Konsul Kepolisian Agung Wahyudi.

“Ternyata pak Agung pernah bertugas di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Kairo pada tahun 2001 sampai dengan tahun 2005. Sedangkan saya masuk Kairo pada Desember 2003,” kata Ustadz Talqis. “Kita ini sama-sama alumni Kairo,” ujar pria yang pernah memenangkan lomba tulis ilmiah di salah satu buletin Al-Azhar University, Kairo, Mesir, dan lomba tulis ilmiah di KBRI Kairo ini, menirukan ucapan Konsul Agung Wahyudi.

Ustadz Talqis saat ini sedang mengejar gelar PhD di Universiti Sains Islam Malaysia. Sebelumnya, tahun 2008-2010, ia kuliah tingkat Master di Al-Azhar University, Kairo, setelah meraih gelar sarjana di universitas Islam ternama di dunia itu pada tahun 2007.

Di “reuni kecil” yang juga dihadiri General Manager DDHK, Imam Baihaqi, itu Ustadz Talqis pun sempat berkelakar. “Pak Agung sebagai alumni Kairo, tentunya bisa berbahasa Arab. Buktinya, shalatnya dari awal sampai akhir memakai bahasa Arab.” Suasana pun pecah dengan gelak tawa.

Khutbah Jumat: pentingnya menjaga amal ibadah agar tidak menjadi muflis di akhirat

Saat berkhutbah Jumat, Ustadz Talqis menyampaikan pesan bahwa setiap orang akan dibangkitkan Allah Ta’ala di akhirat kelak. Selanjutnya, amal perbuatan kita akan dihisab.

“Bahkan, amal perbuatan yang sudah lupa sekalipun,” ujarnya, mengutip surah al-Mujadalah.

Untuk itu, Ustadz Talqis mengingatkan para Jemaah Jumat tentang pentingnya menjaga amal ibadah dengan amal shaleh agar tidak termasuk kategori muflis atau orang yang bangkrut di akhirat kelak.

Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, “Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bertanya, ‘Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?’ Para sahabat menjawab, ‘Orang yang bangkrut diantara kami adalah orang yang tidak mempunyai dirham dan tidak pula harta kekayaan.’ Rasulullah pun menjelaskan, ‘Sesungguhnya orang yang bangkrut dari kalangan umatku adalah orang yang datang di hari kiamat nanti dengan pahala amalan shalat, puasa dan zakat namun ia selalu mencaci-maki, menuduh, memakan harta, menumpahkan darah serta memukul orang lain. Maka diberikanlah bagian dari pahala kebaikannya untuk orang-orang yang ia sakiti tersebut. Apabila pahala kebaikan miliknya telah habis sebelum terpenuhinya pembalasan atas perbuatan zhalimnya, diambillah dari dosa-dosa mereka kemudian dialihkan kepadanya, lantas ia pun dilemparkan ke dalam neraka!” [DDHKNews]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *