Beranda > Hong Kong > Agen Nakal ‘Buang’ BMI Hong Kong ke Macau

Agen Nakal ‘Buang’ BMI Hong Kong ke Macau

DDHK News, Macau –  Kisah memilukan dialami BMI Hong Kong asal Kediri, Jawa Timur. Pujiati, 26 tahun, sudah berkeluarga dan mempunyai satu putra umur tiga tahun, berusaha bunuh diri karena depresi setelah diinterminit majikan.

Sebelumnya ia bekerja di Hong Kong selama tiga bulan melalui PT. Cahaya Dewi Primadona Srengat, Blitar, dengan agen di Hong Kong, Paradise.

Pujiati sebelumnya minta agen untuk memulangkannya ke Indonesia, tapi malah “dibuang” ke Macau. Sekarang ia dalam perawatan di RS Santeng Macau. Ia depresi dengan perilaku majikan yang keras.

Menurut kawan di building yang ia tempati, Pujiati cerita kalau pernah didorong majikannya hingga kepalanya terbentur pinggiran pintu kamar mandi. Untuk membuktikan bahwa memar di kepala bagian belakang itu akibat dia waktu menjatuhkan diri atau dari benturan ketika masih di Hong Kong, masih menunggu analisis dokter.

Pujiati di Macau tanggal 29 Oktober malam dan percobaan bunuh diri tanggal 1 November siang sekitar jam13:30. Teman se-buiding tahu dia sudah lompat jendela dari lantai 8, namun jatuhnya di atas atap garasi mobil lantai 2.

Aktivis IMWU Macau, Roy H.Wardha, mengatakan, ketika menjenguk Pujiati di RS, Pujiati telah siuman, tapi belum bisa bertanya banyak karena kepalanya mengeluh sakit ketika dia berusaha mengingat sesuatu. “Kita tunggu analisis dokter, memar di kepala bagian belakang itu sudah dari Hong Kong atau akibat jatuh bunuh diri,” kata Roy.

“Yang punya bulding bilang, kalau dia dititipi oleh agen di Hong Kong untuk menjaga Pujiati karena sudah punya ‘kelainan’. Hal ini juga meluruskan simpang-siur berita yang menyatakan bahwa saudari Pujiati sudah meninggal dan kebenarannya masih hidup, pihak keluarganya tahu kalau ia masih hidup,” paparnya.

“Alhamdulilah, kemarin salah satu kawan menuntun Pujiati untuk berdoa dan dia bisa menangis. Ini berarti hati dia sudah terbuka. kami semua kawan di Macau memberikan support agar tidak merasa sendiri. Sementara ini dalam perawatan hingga memungkinkan kondisinya untuk pulang ke tanah air. Itu keinginan Pujiati. Kita akan berusaha menuntutkan hak-hak dia selama di Hong Kong.
Dia diinterminit, berarti majikannya harus membelikan tiket untuk pulang Indonesia.”

“Keinginan Pujiati untuk pulang ke tanah air tidak dihiraukan oleh agennya, malah ‘dibuang’ ke Macau tanpa uang sepeser pun. Seseorang yang mentalnya tidak kuat akan stres,”  pungkas Roy. (Rima Khumaira/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *