Beranda > Hong Kong > Alasan Keamanan, Besok Semua Sekolah Diliburkan

Alasan Keamanan, Besok Semua Sekolah Diliburkan

HONG KONG – Akhirnya, Pemerintah Hong Kong meliburkan sekolah pada hari Kamis (14/11/2019) besok. Keputusan tersebut diambil setelah selama tiga hari berturut-turut Negeri Beton dilanda kerusuhan.

“Biro Pendidikan telah mengumumkan bahwa semua sekolah ditutup pada hari Kamis karena alasan keamanan.” Demikian Radio Television Hog Kong (RTHK) memberitakan.

Libur besok berlaku untuk semua sekolah dasar, sekolah menengah, taman kanak-kanak, dan sekolah khusus. Juru bicara Biro Pendidikan Hong Kong menegaskan, anak-anak harus tinggal di rumah jika memungkinkan.

Juru bicara biro juga mengatakan, dalam beberapa hari terakhir beberapa sekolah diancam dan bus-bus mereka diserang, tanpa merinci kasus pengancaman dan penyerangan itu. “Biro sangat mengutuk tindakan seperti itu. Mereka (pelaku) telah membahayakan keselamatan siswa dan merampas hak mereka untuk pendidikan,” tulis RTHK.

Sebelum adanya keputusan itu, para orang tua sempat resah. Mereka bingung, apakah pada hari Rabu (13/11/2019) pagi harus membiarkan dan mengantarkan anak-anak mereka bersekolah atau tidak.

Kebingungan itu tercermin, salah satunya, dari obrolan di grup WhatsApp orang tua murid sebuah sekolah, grup yang di dalamnya juga ada Imam Baihaqi, General Manager Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK). Dari info yang mereka bagikan di dalam grup, ada informasi bahwa hal itu diserahkan kepada orang tua murid.

“Diserahkan kepada orang tua. Apabila berisiko, bisa tidak sekolah,” kata salah satu orang tua murid di grup itu.

Lebih membingungkan lagi dan membuat kuatir, ada yang menginformasikan bahwa dirinya sedang terjebak kerumunan dan antrean padat di dalam stasiun MTR. “Kami sudah jalan dan terjebak di MTR. Sekarang berusaha pulang lagi,” ujarnya.

Bukan hanya kereta, tram dan bus juga penuh sesak. Beberapa orang mengabarkan, mereka terpaksa harus kembali pulang karena tidak kebagian ruang di kendaraan umum dan kemacetan yang parah.

“10 tram penuh. Sampai pintu susah ditutup,” kata salah satu dari mereka.

Sedangkan Imam Baihaqi sendiri mengabarkan bahwa kedua anaknya berangkat sekolah pagi ini. “Anak saya dua-duanya sekolah. Tadi busnya datang,” ujarnya di grup WhatsApp Tim Publikasi DDHK, jam 07:28.

Sekitar jam 3 sore, ia baru mendapatkan kabar tentang liburnya sekolah esok hari. “Mulai besok sekolah diliburkan,” ujarnya, sambil membagikan link dari salah satu portal berita online di Hong Kong. [DDHKNews]

Sumber foto: RTHK

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *