Beranda > Konsultasi Islam > Bayar Zakat Harus Ijab Qabul?

Bayar Zakat Harus Ijab Qabul?

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh Pak, Apakah dalam berzakat harus ada ijab qabul?
Lalu, Bagaimana dengan pembayaran zakat melalui transfer bank atau atm? Terimakasih

Jawab: Wa’alaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan berkah-Nya kepada saudara dan keluarga.

Para ulama tidak memasukkan ijab qabul dalam rukun atau syarat sahnya zakat. Dengan demikian, seseorang yang menyalurkan zakatnya tanpa ada akad hukumnya sah.

Oleh karena itu pula, tidak masalah bagi seseorang yang menyalurkan zakatnya ke lembaga zakat melalui transfer Bank, ATM, atau fasilitas yang lainnya.

Yang terpenting, donasi itu masuk ke rekening zakat yang telah ditetapkan oleh lembaga zakat. Hal yang sangat penting dalam zakat, penyalurannya harus tepat sasaran atau tepat pada pihak yang berhak. Misalnya, penyaluran melalui lembaga amil zakat. Wallahu a’lam. (Ust. A. Rochim, Lc., www.dompetdhuafa.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *