Beranda > Indonesia > Benny Rhamdani Kepala BP2MI

Benny Rhamdani Kepala BP2MI

JAKARTA|INDONESIA – Presiden Joko Widodo, Rabu (15/4/2020), melantik politikus Partai Hanura Benny Ramdhani sebagai Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dengan menerapkan physical distancing dan hanya menghadirkan 30 orang tamu undangan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Presiden Jokowi dan para tamu lainnya juga menggenakan masker.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 72/TPA Tahun 2020 tentang Pengkatan Pejabat di Lingkungan BP2MI. Setelah pembacaan Keppres, Presiden Jokowi lalu memandu sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada UDD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Benny dalam sumpah jabatannya. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggungjawab. Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” ujarnya.

BP2MI merupakan lembaga pengganti yang dulu bernama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Seperti diketahui, BNP2TKI pernah dipimpin, diantaranya, oleh Nusron Wahid, Jumhur Hidayat, dan Gatot Abdullah Mansyur.

Politisi Hanura, Mantan Senator

Benny Rhamdani merupakan mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode tahun 2014-2019 dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara. Dia memiliki segudang pengalaman sebagai aktivis dan politisi.

Dia pernah menjabat sebagai anggota DPRD Sulawesi Utara selama tiga periode dari PDI Perjuangan, 1999-2004, 2004-2009, 2009-2014, dan berbagai posisi di Partai PDI-P Sulut: Ketua DPC Kabupaten Bolaang Mongondow (1999-2004) dan Wakil Ketua Sulawesi Utara (2005-2010).

Benny juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi seperti Wakil Sekretaris DPC GMNI Kota Manado (1993-1995), Ketua Umum PMII Cabang Manado (1994-1996, 1996-1998), dan Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor (GP ANSOR) Sulawesi Utara (2004-2010, 2011-2015).

Pada Agustus 2018, Benny Rhamdani ditunjuk sebagai Direktur Kampanye Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin. Saat ini, dia masih tercatat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura

Fokus Pulangkan PMI Terdampak Corona

Usai dilantik Presiden Jokowi, Benny Rhamdani menyampaikan, lembaga yang dipimpinnya ingin fokus kepada proses pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI) yang terdampak pandemik COVID-19 dari luar negeri. “Yang paling penting adalah kepulangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ini mengalami peningkatan karena terkait wabah virus Corona di negara-negara di mana mereka ditempatkan,” ujarnya.

“Bahkan gelombang kepulangan tenaga kerja ini semakin besar menjelang bulan puasa dan Idul Fitri. Sehingga darat, laut, udara airport (bandara) kemudian juga wilayah perbatasan itu menjadi concern kita,” kata Benny.

Ia ingin memberikan jaminan kepada pekerja migran yang harus kembali ke Indonesia. “Mereka akan mendapatkan pengawalan khusus tentu dengan standar protokoler kesehatan, dengan kita akan tunduk patuh dan bahkan kita ingin memastikan tidak hanya mereka kemali dijamin aman di setiap perbatasan tadi pelabuhan, bandara dan wilayah perbatasan hingga mereka tiba di kampung halaman. Sekali lagi pekerja migran adalah VIP negara,” tutur Benny.

Namun, untuk teknis kepulangan pekerja migran tersebut, BP2MI akan bekerja sama dengan Gugus Tugas COVID-19 dan pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan bersama-sama. [DDHKNews/sumber: Kompas/Tokoh Indonesia/Merdeka/Antara, foto: Kompas]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *