Saturday, November 17, 2018
Beranda > Featured > BMI Hong Kong Shalat Idul Adha di Chai Wan

BMI Hong Kong Shalat Idul Adha di Chai Wan

Shalat Id Chai WanDDHK News, Hong Kong — Lebih dari seribu Buruh Migran Indonesia (BMI) Hong Kong memadati halaman Kasim Tuet Memorial School, Chai Wan, Hong Kong, untuk melaksankan sholat Idul Adha 1433 H, Jum’at (26/10). Selain BMI juga hadir Konsul Jenderal KJRI Hong Kong Teguh Wardoyo beserta keluarga dan jajarannya.

Sebelum sholat dimulai, Konjen Teguh Wardoyo menyampaikan sambutan. Ia mengatakan sangat bersyukur masih diberikan kesempatan untuk melaksanakan sholat Id meski berada di negeri orang. “Ini adalah suatu kebahagian dan juga nikmat yang patut kita syukuri,” katanya.

“Kebetulan hari raya kurban bukan hari Minggu, kalau seumpama Idul Adha jatuh hari Minggu maka KJRI akan mempersiapkan sholat di Victoria Park dan saya berharap bagi yang tidak bisa sholat tidak perlu sedih karena di Hong Kong itu untuk bekerja mencari nafkah itu kewajiban,” imbuhnya.

Sholat dimulai jam 9.00 am dengan Imam Dewan Syari’ah Laznas BSM Dr. H. M. Yusuf Siddik, MA. Dalam khotbahnya Ustdz. Yusuf menjelaskan makna hari raya kurban dan ibadah haji.

Ibadah kurban yaitu untuk mengingat pengorbanan Nabi Ibrahim as demi kecintaannya pada Allah di atas segalanya, yaitu mengorbankan apa yang dicintainya dan dimilikinya –untuk menyembelih putrannya Ismail as, yang sebelumnya telah diuji kesabarannya karena keinginan untuk memiliki seorang putra.

“Ciri orang yang dekat dengan Allah SWT adalah orang yang mau berkorban, baik itu berkorban harta yang dimilikinya, dan sesuatu yang di cintainya,” tegasnya.

idul-adha chai wanDikemukakan, sebenarnya ibadah kurban sudah ada sejak zaman Nabi Adam as, yaitu kisah dua anak Nabi Adam, Qobil dan Habil, ketika keduanya mendatangkan kurban dari hasil hewan ternak dan hasil pertanian. Allah SWT menerima kurban ternak karena diberikan dengan ikhlas. Allah hanya menerima sesuatu yang diberikan dengan ikhlas, jadi kejadian yang dikisahkan Nabi Ibrahim adalah pembaharuan tentang makna kurban.

“Ibadah haji dan kurban merupakan syiar-syiar Allah SWT. Siapa yang mengerjakannya adalah bagian dari ketakwaannya dan orang yang dekat pada Allah SWT maka ia akan berkorban dengan semua yang dimiliki dan dicintainya,” terangnya.

Ia juga mengatakan, makna ibadah haji adalah di saat kita bepergian jauh, maka ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil seperti kita bisa refreshing atau penyegaran pikiran, bertambahnya ilmu, peradaban, dan teman baru.

“Dalam berhaji kita tidak hanya menyembah Allah SWT, tetapi juga bisa mengenal umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Dengan berhaji kita dapat berpetualang mengenal peradapan yang ada dengan orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya,” jelasnya.

“Saat kita melempar jumroh, itu kita bukan melempar setan, tetapi itu adalah ritual yang dilakukan saat ibadah haji. Intinya kita harus berusaha agar terhindar dari godaan setan. Makna kain ikhrom yang menggambarkan kematian yana natinya hanya dibungkus dengan dua helai kain kafan, juga saat berkumpul di padang Arofah yang panas adalah gambaran ketika kita akan berkumpul setelah hari kiamat nanti untuk menanti pengadilan dari Allah SWT.”

Sholat berjalan dengan tertib dan lancar. Setelah acara sholat dan khotbah Idul Adha, diadakan bazar dari berbagai organisasi BMI Hong Kong yang memajang hasil kreasi kerajinan mereka. (Hana Zhera/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org ).*

 

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “BMI Hong Kong Shalat Idul Adha di Chai Wan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *