Wednesday, November 21, 2018
Beranda > Hong Kong > BMI Macau Halal Bihalal Bersama KJRI Hong Kong dan Ketum PBNU

BMI Macau Halal Bihalal Bersama KJRI Hong Kong dan Ketum PBNU

DDHK News, Macau – BMI Macau menghadiri acara halal bihalal yang digelar KJRI Hong Kong di Macau dan Ketua Umum PBNU Prof. Dr. Said Agil Siroj di di Gedung Irocam, Haksawan, Macau, Minggu (19/8). Tampak hadir Konjen RI Hong Kong Teguh Wardoyo.

Dalam sambutan singkatnya, Konjen menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Iedul Fitri kepada para BMI, sekaligus permohonan maaf dan berpamitan karena akan segera mengakhiri masa tugasnya di Hong Kong.

Perwakilan BMI Macau, Widia, menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak PBNU atas perhatiannya terhadap keberadaan BMI Macau yang selama ini seakan tidak terjamah oleh pemerintah karena tidak adanya kantor konsulat resmi di Macau.

Ia berharap PBNU segera meresmikan PC Istimewa NU di Macau sehingga bisa mewakili pemerintah dalam menangani kasus-kasus para BMI. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa BMI Muslim Macau saat ini memerlukan sarana peribadatan yang layak melihat kondisi masjid Mo Lo Yun yang sangat memprihatinkan.

Prof. Said dalam sambutannya mengatakan akan menjadikan masukan BMI Macau dalam agenda kerja PBNU. Selain itu, dalam tausiyahnya, ia menyampaikan hakikat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa hidup sendirian.

“Apa pun profesi kita tentunya akan memberi manfaat buat orang lain. Jadi, tidak boleh ada rasa sombong apalagi minder dalam berprofesi,” katanya.

Dikemukakannya, kita harus bersyukur karena kita beragama Islam yang merupakan agama rahmatan lil ‘alamin yang mengajarkan kepada pemeluknya untuk selalu berakhlak terpuji. “Akhlak terpuji merupakan senjata bagi para BMI untuk berdakwah kepada penduduk lokal,” tegasnya.

Kiai Said juga menyampaikan konsep ASWAJA (Ahli Sunnah wal Jama’ah) yang mencakup tiga poin penting, yakni berfikir moderat, ‘balance’ dalam menyikapi masalah, dan toleran.

Acara ditutup dengan do’a yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. KH. Said Agil Siroj dilanjutkan dengan sholat Magrib berjama’ah. (Oemy Rianif/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *