Monday, December 17, 2018
Beranda > Konsultasi Islam > Bolehkah Akikah Seekor Sapi untuk Satu Keluarga?

Bolehkah Akikah Seekor Sapi untuk Satu Keluarga?

sapiSalam…… Min (Admin,red) mau tanya ,tahun kemarin aku pulang Indo dan akikah 1 ekor sapi,untuk satu keluargaku,(saya,anak laki2 ,2 dan suami ku,)……. Tapi namanya di kampung, sanak saudara pada datang dan memberi sedikit uang pad anakku, karena sekalian ama sunatan anakku yang pertama dan kami sekeluarga (4 orang) sama sekali tidak makan daging sapi tersebut.

Yang jadi pertanyaan saya ,apakah sah akekah kami sekeluarga, karena anak saya mendapat sedikit uang pesangon dari sanak saudara di kampung?? Terima kasih atas dibacaya curhatan saya ini, dan mohon penjelasannya…… Wassalamualaikum,wr.wb.

JAWAB: Wa’alaikum salam wr. wb. Akikah mestinya berupa kambing untuk satu orang anak, karena begitulah contohnya dari Nabi Saw. Ada pula pendapat yang membolehkan akikah berupa sapi atau unta, namun sapi atau unta itu pun hanya untuk satu orang, tidak bisa untuk lebih dari dua orang.

Jadi, akikah itu harus satu kambing/sapi/unta untuk satu orang saja, tidak bisa satu hewan untuk lebih dari seorang.

“Rasulullah SAW menyembelihkan untuk Hasan dan Husain masing-masing satu ekor kambing kibas” (HR. Bukhari).

Dari semua hadits tentang akikah, Nabi Saw tidak pernah menyebut jenis hewan selain kambing, misalnya:

“Untuk anak laki-laki 2 ekor kambing yang sepadan, dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah).

Soal mendapat uang pesangon dari sanak saudara, itu tidak ada kaitannya dengan akikah, jadi boleh. Wallahu a’lam bish-shawab.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Bolehkah Akikah Seekor Sapi untuk Satu Keluarga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *