Sunday, December 16, 2018
Beranda > Dunia Islam > Capres Mesir dari Ikhwanul Muslimin Diprediksi Menang

Capres Mesir dari Ikhwanul Muslimin Diprediksi Menang

mursiCalon Presiden Mesir dari kubu Ikhwanul Muslimin, Mohammad Mursi, diprediksi menang mutlak dengan dukungan suara lebih 70 persen dalam pemilu presiden putaran kedua. Berbagai jajak pendapat media Mesir menunjukkan, capres dari Partai Kebebasan dan  Keadilan (sayap politik Ikhwan) unggul dari lawan politiknya dari kalangan militer, Ahmad Shafiq.

Mursi dan Shafiq masuk dalam putaran pemilu presiden yang kedua pada 16-17 Juni 2012. Dalam putaran pertama, selisih suara antara keduanya sangat tipis. Mursi mendapatkan dukungan suara 25,5 persen, Shafiq mendapatkan dukungan 24,5 persen suara.

Pada pemilihan presiden putaran kedua, Mursi berhasil menggalang kekuatan  politik utama  Mesir, seperti dari kalangan sosialis, yang dipimpin Hamdeen Sabhi, dan mantan tokoh Ikhwan, Dr.Muin Abul Futuh, yang menolak mendukung Marsekal Ahmed  Shafiq. Kalangan Salafi Mesir dan  Partai Nur juga memberikan dukungannya kepada Mursi.

Menurut analis, dukungan politik kepada Mursi menunjukkan rakyat tidak fobi terhadap sosok pemimpin Islam dan Gerakan Islam. Dalam pemilu parlemen, kalangan aktivis Islam dari Ikhwan dan An-Nur unggul dan menguasa mayoritas kursi parlemen.

Dalam wawancara di TV  Al-Nahar, pengamat politik terkemuka Mesir,Fateh Al-Bab, menegaskan, Mursi memiliki peluang besar memenangkan pemilihan presiden karena popularitasnya yang tinggi dan rakyat  Mesir menunjukkan condong medukung tokoh yang memiliki orientasi Islam. (Mel/BBC/Crescent-online.net/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *