Beranda > BMI Menulis > Daging Halal di Pasar Sai Wan Ho

Daging Halal di Pasar Sai Wan Ho

MAKANAN HALAL

SAI WAN HO | HONG KONG – Sebagian Sahabat Muslim ada yang meyakini bahwa semua makanan di Hong Kong tidak halal. Katanya, makanan-makanan jadi dan sudah masak di Negeri Beton pasti sudah tercampur minyak babi dan susah mencari yang halal. Ujung-ujungnya mereka berkeyakinan, kita yang beragama Islam dan tinggal di Hong Kong dalam kondisi darurat, sehingga boleh-boleh saja memakan makanan yang diragukan kehalalannya.

Padahal, menurut saya, tidak begitu juga. Bagi Sahabat Muslim yang jeli dan teliti, banyak juga produk-produk berlabel Halal, bertebaran di Hong Kong dan bisa kita nikmati. Baik itu label Halalnya dari lembaga sertifikasi negeri Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Eropa, Amerika Latin, maupun makanan yang berlabel Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tentu saja, banyak juga yang berlabel Halal dari lembaga The Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong yang berkantor di lantai 8 Masjid Ammar Wan Chai.

Produk-produk halal tersebut bisa kita temukan di toko-toko seperti 759 Store, PARKnSHOP, Wellcome, dan berbagai supermarket lainnya. Selain, di berbagai restoran dan rumah makan yang juga berlabel Halal.

Sebaliknya, banyak yang memiliki pemahaman keliru tentang daging halal yang dijual di Hong Kong. Asalkan itu daging ayam, kambing, atau sapi, dan bukan daging babi, pasti halal.

Padahal, binatang-binatang ternak yang dibolehkan dagingnya untuk dikonsumsi oleh seorang Muslim, haruslah disembelih dengan cara-cara tertentu. Jika ketentuan-ketentuan tersebut telah terpenuhi, termasuk disebutkan dan dibacakan nama Allah Ta’ala saat disembelihnya, maka barulah dagingnya dapat dinyatakan halal.

Nah, untuk daging halal, saya ingin berbagi informasi kepada Sahabat Muslim di Hong Kong. Khususnya, bagi yang tinggal di daerah Sai Wan Ho dan sekitarnya.

Buat Sahabat Muslim yang belum tau, Sai Wan Ho merupakan salah satu daerah perumahan di Hong Kong Island. Lokasinya, berada diantara Quarry Bay dan Shau Kei Wan. Jadi, untuk ke sana dari Causeway Bay, kita bisa naik bus, kereta (MTR), atau tram yang jurusan Shau Kei Wan.

Nah, di Sai Wan Ho, terdapat toko penjual daging halal yang pada bannernya dilabeli “HALAL MEAT SHOP”. Lokasinya, di lapak atau kios nomor M6 di lantai dasar Gedung Sai Wan Ho Market and Cooked Food Centre, atau pasar Sai Wan Ho.

Di toko ini tersedia daging sapi (beef), ayam (chicken), dan kambing (mutton) halal. Toko “Halal Meat Shop” ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

Bagi Sahabat Muslim yang belum pernah berbelanja di pasar Sai Wan Ho ini, saya coba berikan petunjuk jalannya. Yaitu, setelah keluar dari Exit A stasiun MTR Sai Wan Ho belok kanan. Sekitar 1 menit berjalan, kita akan menemukan pintu masuk ke pasar.

Setelah masuk, kita menemukan eskalator. Ambil jalan lurus di lorong samping kiri eskalator, melewati lapak-lapak penjual ikan dan seafood di sisi kanan kita. Begitu ketemu pintu keluar di depan, kita belok kanan. Jangan ke kiri, karena itu jalan menuju toilet. Kita kemudian akan kembali melewati lapak-lapak penjual ikan dan seafood. Kali ini, lapaknya ada di sisi kiri dan kanan. Setengah menit berjalan lurus, lalu belok kanan, Sahabat Muslim akan menemukan Halal Meat Shop yang dimaksud. [Siti Ngatipah]

Alamat:

Stall M6, G/F, Sai Wan Ho Municipal Service Building, 12 Tai On Street, Sai Wan Ho, Hong Kong

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *