Monday, December 17, 2018
Beranda > Featured > DD Terjunkan Relawan untuk Korban Banjir Bandang di Sumbar

DD Terjunkan Relawan untuk Korban Banjir Bandang di Sumbar

DDHK News — Dompet Dhuafa (DD) menyiapkan relawan di lapangan dan rumah untuk pengungsi di Kapalo Koto.  Menurut Direktur Komunikasi DD, Abdul Ghofur, DD juga menyiapkan ambulans bagi korban banjir bandang Limau Manis, Pauh, dan Padang.

“Kontak person Musfi 081374171211dan Karsini 081366329431. Mohon diinfokan bagi warga yang membutuhkan. Terima kasih,” jelas Ghofur seraya menyebutkan, akibat banjir tersebut jembatan Koto Panjang Putus, mushala Batu Busuak hanyut, ratusan warga terisolasi, Sungai Batang Kuranji meluap, korban sementara 6 orang, dan PDAM Gunuang Pangilun jebol.

“Relawan Dompet Dhuafa tersebar di Batu Busuk, Limau Manis, Gadut, Koto Panjang, dan Siteba. Dompet Dhuafa siapkan dapur umum untuk menyuplai logistik, terutama kebutuhan makan sahur,” papar Ghofur via email ke redaksi  DDHK News.

Ditambahkannya, korban butuh bantuan karena banyak pakaian dan bahan makanan yang hanyut. Menurut Pusdalop Ade Edward (BPBD Sumbar), diperkirakan jumlah korban sudah mencapai 10 orang.

Seperti dilansir ANTARA News dan Detik.com, setidaknya 17 kepala keluarga (KK) hingga kini masih terisolasi akibat air bah yang melanda kawasan Limau Manis, Jalan Kampus Unand, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa malam.

Hujan deras yang melanda kota Padang, Sumbar, sejak sore tadi menyebabkan meluapnya sejumlah sungai. Akibat peristiwa tersebut ada lima titik lokasi yang terkena banjir bandang.

“Ada lima lokasi diantaranya di bantaran sungai Lubuk Kilangan, sungai Ujung Tanah, sungai Kurau Pangan, sungai Batang Anai dan sungai Kuranji,” ujar Kepala BPBD Sumatera Barat Yazid, saat dihubungi detikcom, Selasa, (24/7/2012).

Lima rumah warga hanyut diterjang banjir bandang di Koto Tuo, dan Koto Panjang Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat. “Hujan deras yang melanda Kota Padang mengakibatkan lima rumah warga hanyut akibat diterjang banjir bandang,” kata Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Edi Asri, di Padang, Selasa.

Selain menghanyutkan rumah penduduk, banjir bandang juga menerjang mushalla di Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo. “Banjir bandang juga menghanyutkan satu unit mobil di daerah Cangkeh, Kecamatan Lubuk Begalung,” katanya.

Banjir juga merendam rumah warga di daerah Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Belagung. “Warga di daerah tersebut sudah dievakuasi ke masjid, maupun mushala yang berada di tempat yang lebih tinggi,” kata Edi Asri.

Banjir melanda di Kota Padang ada sebanyak tujuh titik yakni berada di kawasan Limau Manis, Batu Busuk, Kampung Koto, Cengkeh, Padang Besi, Kalumbuk, dan Tunggul Hitam. (Mel/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *