Beranda > Featured > DDHK News Lebih dari Sekadar Situs Lembaga

DDHK News Lebih dari Sekadar Situs Lembaga

website ddhk newsDDHK News dengan alamat www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org adalah situs web resmi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK). Online sejak September 2009, DDHK News dimaksudkan sebagai media dakwah dan informasi Dompet Dhuafa Hong Kong.

Pendirian situs DDHK News digagas General Manager DDHK Abdul Ghofur (2008-2012). Dalam sebuah rapat kecil bersama praktisi media dari Bandung, Asep Syamsul M. Romli (Kang Romel), DDHK News mengambil format situs web yanglebih dari sekadar situs lembaga, tapi juga menjadi situs dakwah Islam.

Dalam pengelolaan isi (content management) Kang Romel yang dipercaya menjadi “chief editor” selama 6 tahun, sejak September 2009 hingga April 2015, memadukan konsep situs lembaga (potfolio/corporate webiste) dan situs berita (news portal), serta memadukan konsep “corporate blogging” dan “corporate journalism” dalam pemberitaannya, dengan maksud memperkaya khazanah informasi Islam di dunia maya dan publikasi syiar Islam mancanegara.

Sejumlah rubrik dakwah yang disajikan DDHK News antara lain Berita Dunia Islam, Indonesia, Khazanah, Muslimah, Mutiara Hikmah, Opini dan Kajian, Syiar Ramadhan, Konsultasi Islam, dan Doa.

DDHK News juga didedikasikan untuk Buruh Migran Indonesia (BMI) di Hong Kong dan Macau dengan mempublikasikan dinamika kegiatan positif mereka, seperti pengajian dan pelatihan keterampilan.

Kontributor DDHK News adalah relawan (volunteer) dari kalangan BMI Hong Kong dan Macau. Selama 2009-2015, Kang Romel berhasil menggalang sejumlah volunteer reporter yang dengan sukarela menulis atau mengirimkan bahan berita berupa dinamika BMI Hong Kong, baik kegiatan pengajian, pelatihan, maupun kegiatan positif lainnya.

Berita-berita tentang dinamika BMI/TKI Hong Kong dimuat di rubrik “Kabar Hong Kong“, “Info DD“, juga rubrik “Romantika BMI” yang memuat kisah nyata pengalaman dan perjalanan BMI Hong Kong.

Sejumlah BMI Hong Kong juga banyak yang mengirimkan tulisannya, baik berupa opini maupun curahan hati (pengalaman) yang dimuat di rubrik “BMI Menulis“.

Kehadiran DDHK News membuat banyak BMI bisa menggali dan menunjukkan potensi di bidang jurnalistik. Pelatihan Komunikasi yang digelar pada Ramadhan 1434 H melahirkan banyak relawan reporter dan penulis.

Dalam perjalanan, banyak relawan reporter DDHK News kemudian bergabung dengan atau direkrut oleh media lain, baik oleh media berbahasa Indonesia di Hong Kong maupun media di tanah air.

Paduan konsep situs lembaga (portfolio) dan situs dakwah (Islamic site) membuat DDHK News berbeda dengan website cabang DD lainnya.

Website DDHK News lebih dinamis dan update yang tidak hanya ditujukan kepada para donator, BMI Hong Kong, tapi juga kepada user di mana saja yang bisa mengakses via mesin pencari atau rekomendasi di media sosial.

Lebih dari 9.500 posting sudah dipublikasikan DDHK News selama ini, baik berupa berita, feature, maupun artikel opini. Banyak dari tulisan DDHK News yang berada di peringkat atas di halaman pencarian Google (SERP).

Semoga kehadiran DDHK News selama ini memberi manfaat, baik bagi DDHK dan Dompet Dhuafa secara keseluruhan, bagi BMI Hong Kong yang menjadi “target audience” utama, maupun bagi umat Islam secara keseluruhan. Amin!

Sampai jumpa. Wasalam.

Bandung, 30 April 2015
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *