Beranda > Dunia Islam > Demi Wisatawan Muslim, Hong Kong Pertimbangkan Bangun Masjid Baru

Demi Wisatawan Muslim, Hong Kong Pertimbangkan Bangun Masjid Baru

Hong Kong MuslimPemerintah Hong Kong meningkatkan upaya untuk memikat wisatawan Muslim mancanegara, utamanya dari Timur Tengah, di antaranya dengan menambah outlet makanan halal dan mempertimbangkan pembangunan sebuah masjid baru.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan program pemasaran kami dan terus berinvestasi di kawasan Timur Tengah karena kami percaya hal itu akan terus membuat kami tumbuh,” kata Anthony Lau, direktur eksekutif  Hong Kong Tourism Board.

Dikenal sebagai pusat belanja dan hiburan yang murah, Hong Kong telah menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara dalam beberapa tahun terakhir.

Tahun lalu, 28 juta pengunjung dari China daratan datang ke Hong Kong yang berpenduduk 7 juta jiwa. Namun, negeri beton ini dinilai gagal untuk menarik pengunjung Muslim, terutama dari Timur Tengah.

Lebih dari 1,6 juta wisatawan dari Timur Tengah mengunjungi Asia setiap tahunnya. Namun, hanya sebagian kecil wisatawan itu yang mengunjungi Hong Kong.

Tahun lalu, hanya 200.000 pengunjung dari Timur Tengah yang mengunjungi Hong Kong, kurang dari sepersepuluh dari total wisatawan yang datang ke Hong Kong. Hal itu mendorong pihak berwenang di Hong Kong untuk lebih keras berusaha menarik lebih banyak wisatawan Muslim.

Jumlah kaum Muslim di Hong Kong diperkirakan antara 20 hingga 100 ribu orang. Mayoritas Muslim adalah orang-orang Hui (Muslim China), dengan sisanya terutama dari Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Timur Tengah, dan negara-negara Afrika.

Pejabat Hong Kong mengatakan, membangun masjid dan membuka tempat-tempat makanan halal baru akan membantu menarik lebih banyak wisatawan muslim.

“Kami mempertimbangkan tentang membangun masjid lagi untuk orang-orang Timur Tengah,” kata Edwin Lau, Wakil Presiden Emirates Airlines Hong Kong. Saat ini Hong Kong hanya memiliki lima masjid.

“Dan kami juga harus menyiapkan beberapa restoran halal di Hong Kong, yang sesuai dengan selera orang-orang Timur Tengah.” (Mel/Onislam.net/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *