Wednesday, January 16, 2019
Beranda > Dunia Islam > Demo Besar Guncang Maroko

Demo Besar Guncang Maroko

DDHK News — Seakan tidak mau ketinggalan dengan rakyat negara Arab lainnya, rakyat Maroko juga turun ke jalan untuk memprotes pemerintah korup dan menuntut hak-hak sipil yang lebih baik. Ribuan pendemo berkumpul di Rabat dan Casablanca  (20/3). Mereka meneriakkan “rakyat Maroko inginkan perubahan!” dan memegang plakat bertuliskan “Untuk kebebasan dan martabat rakyat Maroko”.

Protes Maroko dimulai pada awal tahun ini menyusul revolusi di Mesir dan Tunisia yang berhasil menggulingkan rezim diktator kedua negara.  Pada bulan Februari, ribuan rakyat Maroko mengadakan demonstrasi damai di seluruh negeri mendesak Raja Mohammed VI untuk menekankan komitmennya untuk “mengejar realisasi reformasi struktural”.

Raja mengumumkan pada 9 Maret bahwa ia telah menunjuk sebuah komite untuk merancang reformasi konstitusi pelebaran hak istimewa pejabat terpilih dan memastikan pejabat bertanggung jawab dan peradilan independen.  Mohammed VI menambahkan bahwa proposal baru akan dimumukan pada bulan Juni dan rancangan konstitusi akan direferendum.

Pada 14 Maret polisi bersenjata tongkat membubarkan pendemo di Casablanca yang melukai 13 orang dan menangkap 54 lainnya.

Maroko mempunyai sistem pemerintahan Monarki Konstitusional dengan parlemen yang dipilih oleh rakyat. Namun, dalam konstitusi, Raja mempunyai kuasa untuk membubarkan parlemen, memberlakukan situasi darurat dan berperan besar dalam pemilihan kabinet, termasuk Perdana Menteri.

Pejabat Maroko menyatakan reformasi Maroko tak akan pernah tercapai selama pemerintahan masih berada di bawah Raja Mohammed sebagai kepala negara serta dianggap keramat oleh Konstitusi. Raja Mohammed merupakan anggota Dinasti Alaoute yang telah selama 350 tahun memimpin Maroko. Dinasti ini juga mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW.

Seruan protes ini ditanggapi positif oleh pejabat yang berwenang. Pemerintah telah bekerja sejak penobatan Raja untuk memperbaiki kondisi negara dengan sedikit kisah kesuksesan, baik terhadap pelanggaran HAM, kemiskinan yang merajalela ataupun pembarantasan buta huruf.

Namun, Menteri Keuangan Maroko, Salaheddine Mezouar, meminta rakyat untuk menolak aksi ini. Ia menilai, aksi tersebut akan merugikan rakyat Maroko sendiri. (Mel/Rtr/Dtk).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *