Monday, December 17, 2018
Beranda > Dunia Islam > Demonstran Guncang Maroko

Demonstran Guncang Maroko

DDHK News — Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan di Maroko kemarin (20/2) menuntut Raja Muhammad mengurangi beberapa kekuasaannya, membubarkan pemerintahan dan mencegah korupsi.

Di ibu kota Rabat, beberapa orang dalam kerumunan demonstran melambaikan bendera Tunisia dan Mesir dalam pengakuan mereka atas pemberontakan rakyat yang berhasil menggulingkan presiden kedua negara itu. Pantauan wartawan Reuters menyebutkan, sedikitnya 5.000 orang berdemo di Rabat pusat.

Polisi berseragam menjaga jarak mereka dengan para demonstran namun berpakaian preman berbaur dengan kerumunan demonstran di tengah teriakan “Rakyat menolak konstitusi yang dibuat untuk para budak!”dan “Jatuhkan otokrasi!”

Beberapa demonstran meminta pemerintah koalisi yang rapuh dari Perdana Menteri Abbas El Fassi untuk membubarkan diri. Plakat dan slogan para demonstran menurut laporan, tidak melakukan serangan langsung terhadap raja meskipun satu dua slogan juga mengkritik pengaruh Raja di perusahaan yang ada di negara itu, di mana keluarganya adalah investor terbesar.

Maroko adalah sekutu Barat dengan kepemimpinan monarki reformis dan adanya pertumbuhan ekonomi, beberapa ahli melihat aksi di Maroko kurang rentan akan keberhasilannya dibandingkan dengan negara tetangga mereka.

“Ini adalah aksi damai untuk mendorong reformasi konstitusi, memulihkan martabat dan menghapuskan korupsi yang telah menjarah dana publik,” kata Mustapha Muchtati dari kelompok Baraka – yang berarti “cukup” dalam bahasa Arab Maroko.

Aksi unjuk rasa di Marokok ini diprakarsai oleh sebuah kelompok yang menamakan dirinya “Gerakan 20 Februari untuk Perubahan”, yang telah menarik 20.000 pengikut di situs jejaring sosial Facebook.

Mereka bergabung dengan pemuda dari kelompok oposisi yang dilarang “Keadilan Islam dan Amal”, anggota partai oposisi dan militan Berber. Serikat media utama dan kelompok hak asasi manusia juga menyuarakan dukungan terhadap aksi unjuk rasa tersebut.(REUTERS/ERAMUSLIM).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *