Beranda > Dunia Islam > Di Belanda, Enam dari 10 Muslimah Pilih Berjilbab

Di Belanda, Enam dari 10 Muslimah Pilih Berjilbab

Enam dari 10 wanita Muslim Belanda berusia 15 sampai 35 tahun, atau sekitar 80 ribu orang, kini mengenakan jilbab. Alasan mengenakan busana bertutup kepala itu  bukan karena penindasan, melainkan sebagai bagian dari identitas mereka. Demikian hasil survei perusahaan riset Motivaction di Belanda.

Sebanyak 93 persen dari perempuan yang disurvei mengatakan mengenakan jilbab membuat mereka merasa lebih dari seorang Muslim, Turki, atau Maroko. Sampai dengan 66 persen  mengatakan mereka menutupi rambut mereka karena melaksanakan ajaran Islam.

Sekitar 70 persen dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mereka merasa diterima di pekerjaan mereka meskipun mengenakan jilbab. Namun, 62 persen berpikir beberapa perusahaan lebih suka tidak mempekerjakan wanita yang memakainya.

Dari wanita yang telah melepaskan jilbabnya, 41 persen melakukannya untuk meningkatkan kesempatan mereka mendapatkan pekerjaan dan 20 persen berharap mereka tak akan akan mengalami diskriminasi.

Survei dilakukan untuk menandai penerbitan majalah Hoofdboek, yang dikhususkan bagi pengguna jilbab.

Buka Perkuliahan

Pada awal Oktober lalu, Institusi pendidikan di Belanda, Group T Leuven Engineering College, membuat terobosan baru dengan menampilkan dua mahasiswi muslimah berjilbab untuk membuka masa perkuliahan di kampus itu.

Dua mahasiswi Muslim itu, Kamila dan Manan, menandai dibukanya masa perkuliahan tahun akademis 2011-2012 dengan pembacaan doa. “Kamila dan Manan, bersama mahasiswa mahasiswa lainnya, merupakan simbol pluralitas karena kami memiliki pandangan yang mendunia,” demikian pernyataan pihak universitas.

Group T Leuven Engineering College jurusan keguruan adalah satu-satunya akademi dimana para mahasiswa mahasiswinya boleh memilih mata kuliah agama yang diinginkan, terdiri dari Katolik, Budha, Islam dan Protestan. Pihak Group T menyatakan, para kordinator yang menangani pluralitas bertanggung jawab atas terlaksananya dialog yang intensif antar agama itu.

Diperkirakan satu juta Muslim tinggal di Belanda yang memiliki penduduk sekitar 17 juta. (Republika/Eramuslim).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *