Beranda > Hong Kong > Di Hong Kong, Peringatan Tragedi Tiananmen Lebih Leluasa

Di Hong Kong, Peringatan Tragedi Tiananmen Lebih Leluasa

Hong Kong TiananmenBeda dengan di Beijing dan wilayah Cina lainnya yang menganggap ilegal peringatan Tragedi Tiananmen, di Hongkong yang punya status administrasi independen dari negara komunis itu, para aktivis lebih leluasa merayakan itu.

Laporan Reuters menyebutkan, ribuan warga Hong Kong yang notabene warga Cina itu, merayakan peringatan Tiananmen dengan berkumpul di Alun-Alun Hong Kong, Victoria Park.

Sejumlah aktivis melakukan orasi yang menuntut pemerintah Cina memperbaiki sikap mereka yang represif terhadap oposan dan kelompok penentang pemerintah lainnya.

Perayaan mengenang tragedi Tiananmen dilanjutkan Selasa (4/6) dengan melakukan renungan bersama seraya menyalakan lilin.

“Banyak warga ikut peringatan Tianamen pada 4 Juni 2013 ini, lebih banyak dari tahun lalu. Ini kami lakukan, bukan hanya untuk mengenang tragedi memilukan itu, melainkan juga sebagai bentuk protes atas intervensi Cina terhadap masalah internal Hong Kong,” kata Willy Lam, seorang professor di Universitas Cina, Hong Kong. (Reuters/PRLM).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *